"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Tuesday, 6 March 2018

Petani di Jember Usir Hama Dengan Bunga Refugia

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk mengusir hama tanaman padi, Kelompok rukun tani Wuluhan, Desa Dukuhdempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur menanam bunga.

Selain indah dipandang, tanaman yang bernama refugia itu diyakini dapat melindungi padi dari serangan hama. Bahkan bukan hanya padi, refugia juga dapat melidungi tanaman hortikultura, seperti cabai dan kubis dari serangan hama.

Bunga ini sengaja ditanam sebagai upaya untuk penghematan penggunaan obat kimia.  "Yang jelas bunga yang kita tanam ini sebagai upaya untuk pengendalian hama penyakit dengan musuh alami," kata Ketua Kelompok Rukun Tani Desa Dukuhdempok, Khoirul Anam, Senin (5/3/2018) siang.

Menurutnya Refugia merupakan istilah yang menunjuk sekumpulan tanaman yang menyediakan tempat perlindungan dan sumber pakan bagi musuh alami pertanian, seperti serangga. Misalnya pada tanaman padi, serangga yang menjadi hama pada tanaman padi antara lain ulat dan walang sangit. 

Karena bunga mengundang  serangga, sekaligus tempat  dan makanan. Saat berkumpul berlakulah hukum alam, serangga predator akan memangsa serangga lain. Karena hama padi dikendalikan serangga predator, maka tanaman padi bisa selamat. “Jadi,  petani tidak perlu menyemprot pestisida. ” terang Anam.

Biasanya, jika tanaman tanpa refugia, petani bisa butuh menyemprot padi mereka antara empat hingga lima kali hingga masa panen. "Namun dengan adanya tanaman bunga ini, kami hanya cukup menggunakan pestisida dua kali saja," pungkasnya. (eros).

Berita Terkait Pertanian

No comments: