Translate

Iklan

Iklan

Dua Proyek Pembangunan DI Jalan Gajah Mada Jember, Bermasalah.

6/22/12, 15:24 WIB Last Updated 2012-09-25T14:27:04Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.COM. Pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dan pembangunan Pembatas di Jalan Gajah Mada, ternyata tidak sepengetahuan Satlantas Polres Jember. Padahal dua Proyek tersebut berhubungan dengan penggunan Jalan Raya. Disamping itu proyek tersebut disinyalir belum mempunyai amdal.

Pembangunan dua proyek prestisius di Jember yaitu, Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dan pembangunan Pembatas di Jalan Gajah Mada, ternyata tidak sepengetahuan Satlantas Polres Jember. Dalam pernyataannya, bahwa Satlantas Polres Jember tidak pernah mengeluarkan rekomendasi apapun terkait pembangunan pembatas jalan dan pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang di Jalan Gajah Mada itu.

Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa Jalan Satlantas Polres Jember Iptu Subagio Regama Jum’at (22/6) menjelaskan, bahwa pembangunan JPO Jalan Gajah Mada masih terkendala belum adanya kesediaan dari pihak BCA. Sehingga, Kepolisian belum berani mengeluarkan rekomendasi apapun dalam pembangunan tersebut.

Bahkan Subagio memastikan pembangunan JPO jalan Gajah Mada belum ada analisa dampak lingkungan lalu lintas atau Amdal Lalin. Sebab, Amdal Lalin baru bisa dikeluarkan oleh tiga instansi yang tergabung didalamnya, yakni Kepolisian, PU Bina Marga dan Dinas Perhubungan. “Logikanya, jika Kepolisian belum mengeluarkan rekomendasi, berarti Amdal Lalin juga belum bisa dikeluarkan.” Tegasnya

Kemudian Subagio juga memberikan koreksi kepada Pemkab Jember, bahwa jangan hanya memberikan ijin untuk pembangunan tanpa melihat Amdal Lalin. Sebab sesuai PP 32 sudah dengan jelas menyebutkan, Amdal Lalin dibutuhkan dalam setiap pemberian ijin mendirikan bangunan.

Diantaranya ada syarat penyediaan lahan parkir. Selama ini menurut Subagio, di Jember Amdal Lalin selalu diabaikan. Sehingga ketika terjadi kecelakaan atau adanya pengguna jalan parkir sembarangan, Polisi dan Dinas Perhubungan yang dibenturkan dengan masyarakat. (Zq)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dua Proyek Pembangunan DI Jalan Gajah Mada Jember, Bermasalah.

Terkini

Close x