Translate

Iklan

Iklan

Ketua KPUD Jember: DPT Pemilu 2014 Berpotensi Masih Bermasalah.

6/22/12, 17:19 WIB Last Updated 2012-09-25T14:25:59Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.COM. Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilu 2014 berpotensi masih bermasalah. Pasalnya, hanya dengan menunjukkan KTP dan atau Paspor,  warga bisa menggunakan hak pilihnya. Akibatnya warga dan partai politik semakin enggan melakukan kroscek terhadap pemutakhiran data. Sehingga penetapan DPT terkesan sia-sia.

Keleluasaan pemilih yang diberikan dalam UU No 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD dikhawatirkan akan berdampak luar biasa pada pelaksanaan pemilu. Demikian disampaikan Ketua KPU Jember Ketty Tri Setyorini, Jumat (23/6) " dalam Sosialisasi UU Pemilu di Jember.

Dalam UU Pemilu tersebut menurut Ketty dijelaskan bahwa warga yang tidak masuk dalam DPT dan daftar pemilih tambahan bisa menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) atau paspor. Akibatnya warga dan partai politik semakin enggan melakukan kroscek terhadap pemutakhiran data. Sehingga penetapan DPT terkesan sia-sia.

Dengan demikian pemutakhiran DPT tidak sepenuhnya akan dipakai dalam Pemilu 2014 dan hanya berdampak pada pemborosan anggaran dan teknis yang terlalu rumit.

Ketty menghawatirkan bahwa persoalan Daftar Pemilih ini akan tetap menjadi Bomerang dan akan menimbulkan konflik. Untuk itu harus diwaspadai oleh seluruh penyelenggara pemilu. Tambahnya

Padahal pelaksanaan Pemilihan Umum 2014 sudah memasuki tahap persiapan, apalagi untuk wilayah Jawa Timur, akan didahului dengan pemilihan Gubernur tahun 2013.

Orang nomor satu di KPU Jember tersebut mengakui bahwa Persoalan DPT ini memang selalu menjadi potensi masalah dalam setiap pelaksanaan pemilu legislatif, pemilu kepala daerah, dan pemilu presiden di sejumlah daerah termasuk Kabupaten Jember.

DPT pada Pemilu 2009 di Jember juga masih amburadul, karena memang data awal yang diterima KPU dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) masih banyak nomor induk kependudukan (NIK) ganda dan pemilih fiktif. Pungkasnya. (Zq)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua KPUD Jember: DPT Pemilu 2014 Berpotensi Masih Bermasalah.

Terkini

Close x