"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Thursday, 29 November 2012

Balai Benih Plalangan Dinas Perikanan Jember, Siap Berikan benih Ikan Unggul

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk memenuhi kebutuhan benih ikan air tawar, Dinas perikanan dan peternakan Kabupaten Jember melakukan langkah pembenihan ikan air tawar jenis Lele.


Ikan lele sendiri merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, sekaligus ikan yang bisa diolah sebagai bahan baku krupuk ikan.

Berdasarkan penagakuan salah satu Ka. UPT Balai Pembenihan Iakan Air Tawar Plalangan, Ir. Salim, Kamis (29/11) menjelaskan beberapa factor yang mempengaruhi proses pemeliharaan ikan lele adalah ukuran kolam ideal 25 x 25 M, yang mampu menanmpung 1000 ekor bibit lele.

Dengan ukuran kolam tersebut, Salim mengakui memerlukan debit air untuk pemeliharaan sekitar 1000 liter dengan sirkulasi 5 liter/detik. Jika, lanjutnya, untuk air yang kurang memadai dan kolam yang kurang respentatif, maka kulaitas ikan diperkirakan akan mengalami penurunan kualitas ikan, baik dari ukuran maupun dari segi kaulitas protein yang dikandung oleh ikan lele tersebut. “mon kurang benyak aing, tak bagus begi cukok”, ungkapnya (kalo kurang, ikan tidak bagus. Red).  

Dikatakan lagi oleh Salim, bahwa Balai benih plalangan menyediakan bibit ikan dengan klasifikasi unggul. Taka hanya itu juga, Balai Benih juga melakuakn proses pnetasan beih ikan di kolam yang tersedia. Bahkan, Salim, selaku Ka. Benih Plalangan, siap mengganti benih yang dibeli oleh petani mati sebelum sampai dirumah pembeli. “benih kami benih unggul mas, kami juga siap memberikan garansi penggantian benih jika mati sebelum sampai dirumah”, tegasnya.

Lain halnya yang disampaikan oleh salah satu petani ikan lele, Samsuri, 50 Tahun, warga Desa Plalangan, mengatakan bahwa balai benih Disnak & Ikan Jember menyediakan hampir 200 ribu/bulan untuk memenuhi kebutuhan benih ikan petani.

Masih menurut Samsuri, harga benih ikan yang disediakan oleh Belai Benih sangatlah cukup terjangkau bagi petani kecil, yaitu  kitarRp. 15  sampai dengan Rp 200 per ekor. Oleh karenanya, Samsuri dengan modal yang sedikit dan lahan kolam yang minim, dirinya mencoba untuk melakukan Budidaya Ikan lele yang dibeli dari Bali Benih Plalangan.

Samsuri bahkan mengakui dengan budidaya ikan dari balai beih plalangan tersebut bisa memberikan penghasilan yang cukup lumayan bagi kelauarganya. “Allhamdulillah mas, ngobuh cukok neka, bisa nyokopen keluarga e’ buat ngakan”, pungkasnya. (allhadulillah mas, pelihara ikan ini, saya bisa mencukupi kebvutuhan makan kelauarga. Red). (zan/tgh/humas)

Berita Terkait Pertanian

8 comments:

anang slamet said...

di mana ya alamat pengepul bibit lele daerah jember saya mau menjual bibit lele mohon sms 085259384563,s

anang slamet said...

bibit lele di jamin murah dari yg lain buktikan sendiri 085259384563

jual bibit lele jember said...

harga bibit lele jember
6 7:60
8 9:90.belum ongkir lo gan.085259384563.sedia bibit gurami

Bayu Marta said...

alamatnya dimana ya...?

bagas wiryo prabowo said...

Ada bibit patin gk???

Unknown said...

Aq mau bli bibit gurami sbyk 50 000 ekor hbungi aq huseinandalas 082 234 075 447

Unknown said...

Berapa bibit ikan lele?

andhy dwi hermansyah said...

Ada yang jual bibot lele daerah jemkot?? Butuh 1000bibit.
081336560751