Translate

Iklan

Iklan

Warga Lingkar Tambang Newmont Datangi Istana Presiden, Minta UU Minerba Ditunda

1/09/14, 20:23 WIB Last Updated 2014-01-11T16:49:26Z
Jakarta. MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejumlah Tokoh masyarakat (Toma) mendatangi Komplek Istana Presiden guna menyampaikan apsirasi terkait akan diberlakukannya UU Minerba Nomor 4 Tahun 2009 tanggal 12 Januari 2014 mendantang.

Kesepuluh  perwakilan masyarakat lingkar tambang yang terdiri dari perwakilan Kepala Desa (Kades), Pengusaha, dan LSM serta perwakilan karyawan yang berada dilingkar pertambangan Batu Hijau PT Newmont Nusatenggara (PTNNT), Kamis (9/1/14) siang diterima oleh Assiten Deputi Sekretariat Kabinet RI Wasit Saranto.

Sekretaris Camat (Sekcam) Sekongkang Syarifuddin menjelaskan kedatangan mereka ke Jakarta bertujuan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat lingkar tambang kepada Presiden SBY, agar Presiden SBY dapat mengetahui langsung dampak jika UU Minerba diimplemetasikan pada tanggal 12 Januari 2014 mendatang.

"Jika UU Minerba benar-benar diimplementasikan pada tanggal 12 Januari mendatang, maka yang terkena dampak langsung dari UU tersebut adalah warga-warga kami yang berada dilingkar tambang PT Newmont," jelas Syarifuddin.

Hal ini disebabkan, pelarangan eksport konsentrat akan berdampak pada pengurangan produksi PTNNT yang berakibat langsung pada pengurangan karyawan. Tentu yang akan menjadi korban adalah karyawan lokal yang notabenenya adalah masyarakat setempat.

Kades Dasan Anyar Muhammad Ikhsan menjelaskan keberadaan PTNNT selama ini memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat lokal terutama yang berada di kecamatan Sekongkang.

"Masyarakat disana saat ini sangat bergantung dengan keberadaan Newmont, jika Newmont stop gara-gara diberlakukannya UU Minerba, maka akan menjadi persoalan tersendiri." jelasnya.

Diceritakan sebelum adanya PTNNT, masyarakat diwilayah Sekongkangkan mayoritas sebagai petani, namun saat ini sudah menjadi karyawan PTNNT, "memang dulunya mereka petani, namun untuk mengubah mentalitas mereka dari karyawan menjadi petani tidak semudah membalikan tangan, apalagi kesejahteraan mereka jauh lebih baik saat ini," jelas Kades.

Ketua Himpunan Pengusaha Lokal (HPL) Asraruddin Muchtar menceritakan, lahirnya pengusaha lokal dilingkar tambang disebabkan kehadiran PTNNT, "Pengusaha lokal ada karena beroperasinya PTNNT, jika PTNNT tidak beroperasi maka akan menjadi pukulan berat bagi pengusaha lokal," jelasnya.

Diuraikannya, pengusaha ini tumbuh dan berkembang dari nol, "modal awal mereka berusaha dari pinjaman Bank dengan jaminan sertifikat tanah dan rumah mereka, jika saja operasional Nemmont berhenti maka para pengusaha lokal ini tidak akan bisa mengembalikan pinjamannya ke Bank," urainya.

Diakui oleh Asrarudin, semenjak masuknya PTNNT, pembangunan infrastruktur lingkar tambang mengalami kemajuan yang sangat luar biasa, "tanpa campur tangan pemerintahpun pembangunan lingkar tambang cukup maju," ungkapnya.

Hamdan Muhammad dari Gerakan Masyarakat Peduli Tambang (Gempita) menyampaikan aspirasi bahwa pada intinya masyarakat Sumbawa tidak menolak UU Minerba, jika saja semua infrastruktur dan suprastruktur yang mendukung pelaksanaan UU tersebut sudah tersedia saat ini.

"Smelter untuk menampung hasil produksi PTNNT belum tersedia, jika saja sudah ada smelter di Indonesia namun Newmont menolak mengolahnya di dalam negeri, maka pihaknya terdepan mendesak Newmont untuk mengolah didalam negeri. Saat ini smelter belum tersedia, maka Pemerintah sebaiknya memberikan kelonggaran pengiriman konsentrat hingga pembangunan smelter tersebut tuntas," pungkas Hamdan.

Menanggapi aspirasi masyarakat lingkar tambang PTNNT ini,  Wasit berjanji apsirasi yang dibawah jauh-jauh dari Sumbawa tersebut akan disampaikan kepada atasannya untuk diteruskan kepada Presiden SBY.

"Aspirasi bapak-bapak sudah kami catat dan akan kami sampaikan kepada atasan untuk diteruskan kepada Presiden SBY," jelasnya.

Ditambahkan, jika dirinya menjadi orang Sumbawa maka dirinya juga akan bersikap sama dengan masyarakat Sumbawa yang saat ini sedang memperjuangkan nasib, "Jika saya orang Sumbawa maka saya juga akan melakukan hal sama, namun karena saya berada intansi Pemerintah maka aspirasi tersebut akan disampaikan kepada atasan saya," ungkapnya.

Masih juga berharap, keputusan Pemerintah dalam beberapa hari mendapatang dapat mengeluarkan putusan terbaik, "secara pribadi saya berharap semua diuntungkan," ungkapnya. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Lingkar Tambang Newmont Datangi Istana Presiden, Minta UU Minerba Ditunda

Terkini

Close x