Translate

Iklan

Iklan

Dinkes Bondowoso Tekan Jumlah Penderita HIV-AIDS

10/27/14, 17:19 WIB Last Updated 2014-11-19T10:22:43Z
Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk menekan jumlah penferita HIV-AIDS, Dinkes Bondowoso melakukan berbagai program preventif, diantaranya melakukan penyuluhan bagi masyarakat dan pelatihan petugas medis.

Koordinator Program HIV-AIDS Dinkes, Eko Prasetyo menjelaskan, Media yang digunakan penyuluhan pencegahan hingga penanganan penyakit HIV-AIDS bagi masyarakat. adalah Rumah Sakit Daerah (RSD) dr. H. Koesnadi dan seluru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

“Ada 20 warga Bondowoso yang menderita HIV-AIDs, 2 orang meninggal. Oleh karena itu, agar penyakit tersebut tidak menjalar pada yang lain kami melakukan langkah preventif dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat”, kata dr. Kepala Dinkes H. Muhammad Imron Senin (27/10)

Pelatihan petugas medis, diharapkan petugas medis waspada dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. agar petugas tidak terjangkit infeksi nosokomial atau penularan peyakit di area kesehatan. sampai saat ini petugas medis belum ada yang terinfeksi nosokomial penyakit HIV-AIDS.

“Alhamdulillah sampai saat ini masih belum ada petugas kesehatan yang tertular saat melakukan tindakan medis pada pasien. Karena kami melakukan langkah preventif dengan memberikan pelatihan bagi mereka”, kata Eko menjelaskan.

Sebab, ketika bertugas mereka disamping sebelumnya dibekalai tata cara menangani penyakit HIV-AIDS, juga menggunakan sarung tangan, mencuci peralatan dengan larutan klorin setelah dipakai, dan membuang sampah medis di tempat husus, usai bertugas. (midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinkes Bondowoso Tekan Jumlah Penderita HIV-AIDS

Terkini

Close x