Translate

Iklan

Iklan

Hama Serang Puluhan Ha Lahan Pertanian

10/27/14, 17:00 WIB Last Updated 2014-11-19T20:13:54Z
Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Puluhan hektar lahan pertanian padi di wilayah Pemerintahan kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, diserang hama penyakit. selama Oktober saja berbagai hama menyerang puluhan hektare lahan padi di beberapa daerah.

“Ada banyak hama yang menyerang tanaman petani,  seperti wereng coklat, tikus, penggerek batang, tungro dan bakteri. Yang agak luas itu penggerek batang.” kata Koordinator Pengamat Hama, Dinas Pertanian (Disperta) dan Holtikultura, Solimin, Senin (27/10).

Untuk bulan ini saja menurut Solimin  sudah ada 31 hektare yang diserang hama tikus ada 20 hektare. Disperta dan Holtikultura, terus melakukan penanganan pada serangan hama penyakit, agar tidak menyebar ke lahan pertanian lainnya. 

Berdasarkan pantauan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), serangan ini terjadi di beberapa kecamatan, seperti Grujukan, Tamanan, Jambesari Darussalah, Wonosari, Tapen, Klabang, Botolinggo dan Kecamatan Prajekan. 

Disperta dan Holtikultura mengimbau kepada para petani untuk mewaspadai serangan hama wereng coklat menjelang datangnya musim hujan. Petani diminta segera melaporkan kepada petugas manakala menemukan serangan hama yang mengkhawatirkan.  (Midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hama Serang Puluhan Ha Lahan Pertanian

Terkini

Close x