Translate

Iklan

Iklan

Pengawasan Ujian Nasional Gunakan Sistem Silang

5/04/15, 14:24 WIB Last Updated 2015-09-02T07:26:36Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejumlah siswa SMP mapun MTs di Kecamatan Balung Kabupaten Jember, selama tiga hari mulai Senin (4/5) hingga Kamis (7/5) melaksanakan Ujian Nasional (UN) Paper Based Test (PBT) atau berbasis kertas

Para siswa yang akan mengikuti UN tersebut tersebar di 21 sekolah baik sekolah negeri maupun swasta. Menurut Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Balung, Abdul Muhyi, hasil UN saat ini tidak menjadi satu-satunya dasar kelulusan siswa seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Hasil UN hanya menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dalam proses kegiatan belajar mengajar. "Nilai UN tidak menjadi dasar kelulusan tapi menjadi tolak ukur kinerja atau integritas sekolah. Hasil UN juga menjadi salah satu syarat masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi," katanya

Meski begitu, dalam pengawasan pelaksanaan UN kali, kata Muhyi, sistem pengawasan ujian masih tetap menggunakan sistem silang antar sekolah baik itu dari SMP maupun MTs, “dengan sistem ini (system silang) diharapkan pelaksanaan UN bisa berjalan dengan baik tanpa ada kecurangan,” ungkapnya.

Pantauan di dua sekolah Negeri di Kecamatan Balung yakni SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 terlihat, meski UN tahun ini tidak menjadi penentu kelulusan siswa, namun sejumlah perserta terlihat cukup antusias dalam mengerjakan sola-soal yang dibagikan oleh guru pengawas.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Balung, Rudy Dwi Cahyo P menuturkan, antusiasme siswa ini dikarenakan para siswa menganggap ujian adalah momentum yang ditunggu-tunggu dalam menentukan hasil belajar selama tiga tahun terakhir, sekaligus sebagai ukuran untuk menetukan pilihan sekolah yang lebih tinggi, “secara psikologis, tak ada korelasi signifikan apakah ujian itu menjadi penentu kelulusan atau tidak,” paparnya.  (ruz)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengawasan Ujian Nasional Gunakan Sistem Silang

Terkini

Close x