Translate

Iklan

Iklan

Ribuan Umat HIndu Gelar Ritual Melasti Di Pantai Paseban

3/19/17, 14:32 WIB Last Updated 2017-03-19T08:42:00Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ribuan Umat Hindu yang berasal dari kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Lumajang, sejak Minggu (19/3) gelar ritual Melasti di pantai  paseban Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember Jawa Timur.

Kegiatan Ibadah umat Hindu dan Tahun Baru Saka 1939 ini, merupakan rangkaian ibadah menyambut hari raya Nyepi, hingga puncaknya tanggal 27 Malam yaitu perayaan arak-arakan Ogoh-ogoh yang akan diselenggarakan di Desa Sukoreno, Kecamatan Umbulsari Jember.

Melasti kali ini bertemakan "Jadikan catur brata penyepian, memperkuat tolenransi Kebhinekaan, berbangsa dan bernegara demi keutuhan NKRI", tema ini mengartikan begitu pentingnya mempererat hubungan tali silaturahmi antar umat beragama.

“Dengan tali silaturahmi, sudah dipastikan kerukunan beragama akan tercipta, dengan begitu NKRI akan utuh dan kokoh”, Demikian disampaikan Sudarmono salah satu peserta upacara Melasti asal Sukoreno, kepada media ini disela sela Umat hindu lainnya usai Upacara.

Masih lanjut Darmono panggilan akrab pria yang kesehariannya bertugas sebagai Anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Umbulsari ini, bahwa dengan saling bersilatuhrohmi hubungan yang selama ini sudah baik akan bertambah baik.

Sementara itu I Wayan Wase Atmaja Ketua PHDI Kabupaten saat ditemui media ini mengatakan, kerukunan antar umat beragama harus lebih intens di lakukan,  "Kalau Negara ingin kuat, maka kerukunan beragama harus selalu terjaga dengan baik," jelasnya. (Yond)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ribuan Umat HIndu Gelar Ritual Melasti Di Pantai Paseban

Terkini

Close x