Translate

Iklan

Iklan

Tim Kemenpan RB Tinjau Inovasi Pelayanan Polres Jember dan Situbondo

3/27/18, 16:07 WIB Last Updated 2018-03-27T10:54:04Z
Jember - Situbondo , MAJALAH-GEMPUR.Com. Usai ke Polres Situbondo Senin (26/3/2018) malam, Tim Independen reformasi Birokrasi Nasional Kemepan RB dan Srena Polri Selasa (27/3/2018) meninjau Inovasi layanan publik ke Polres Jember.

Tim menilai Polres Jember sebagai Polres terbaik dari beberapa polres yang dikunjungi Tim Independent tersebut. Demikian diungkapkan Prof. Dr. Tjipta Lesmana yang juga salah satu penasehat presiden usai mendengar pemaparan Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Selasa (27/3/2018).

Tampak dalam kunjungan itu, Deputi Menpan RB Moh. Yusuf Ateh, Penasehat Presiden meliputi Prof. Dr. Eko Prasojo, Prof. Dr. Tjipta Lesmana dan Prof. Dr. J.B Kristiadi, dari Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Mabes Polri Irjen Pol Bambang Sunarwibowo, Brigjen Pol. Ashi Prawoto dan staf Kemenpan RB.

Dalam kunjungan lanjutan terhadap Polres yang mendapat predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Tim Independent ingin memastikan bahwa apa yang diraih polres tersebut, tidak semata-mata karena penilaian saja, tapi juga fakta yang ada di lapangan.

“Kami hanya ingin memastikan, bahwa predikat WBBM Polres Jember itu benar-benar diterapkan, ternyata memang bagus, bahkan kami jarang mengungkapkan penilaian secara langsung, tapi untuk Polres Jember saya berani memberi nilai sebagai polres terbaik dari 4 polres yang sudah kami kunjungi,” ujar Prof. Dr. Tjipta.

Prof. Dr. Tjipta Lesmana juga meminta agar media benar-benar menyajikan berita yang objektif terhadap kinerja polisi, kalau memang polisi itu berprestasi dan memiliki integritas, beritakan apa adanya, jangan ditutup-tutupi maupun ditambahi.

“Kalau memang kinerja polisi baik, ya harus diberitakan baik, jangan dikesampingkan nilai plus polisi, di Jakarta, saya melihat banyak polisi yang berprestasi, tapi media tidak mau memberitakan prestasi seperti ini, justru banyak berita yang ‘menyerang’polisi,” harapnya.

Sementara Deputi Kemenpan RB RI Moh Yusuf Ateh mengatakan, jika polisi dekat dengan masyarakat, tentu akan banyak prestasi yang diraih, karena yang menilai kinerja polisi adalah masyarakat. “Saya yakin kalau polisi dekat dengan masyarakat, kinerjanya pasti baik,” katanya.

Disamping mengunjungi pelayanan kantor Satpas Satlantas Polres Jember Tim juga melihat secara langsung pelayanan Satlantas dalam pembuatan SIM, bahkan di kantor korps sabuk putih ini, Tim Independent mengacungi empol dengan adanya ruang baca yang ada di pojok ruang tunggu.

“Ini sudah bagus ada perpustakaan untuk masyarakat yang menunggu, meski sudah bagus masih ada yang kurang, agar lebih bagus lagi, harus disediakan arena untuk anak-anak, karena tidak jarang masyarakat yang mau mengurus SIM bersama keluarga dengan membawa anaknya,” ujar Prof. Dr. Tjipta Lesmana. (edw). 

Tim Kemenpanrb Tinjau Layanan Publik Polres Situbondo
Sebelumnya Senin (26/3/2018) malam tim tinjau pelayanan publik di Polres Situbondo. Tim disambut Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono, SH. SIK. MSc (Eng) bersama Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto,SH dan Jajaran Forkopimda, Pejabat Utama Polres dan Kapolsek Jajaran.

Di halaman mapolres, AKBP Sigit, tampak menunjukkan inovasi Pelayanan SIM seperti SRI RATU, Satpas Sick Care, SANTRI, pelayanan SKCK Online, dan Command Center untuk pelaporan / pengaduan online dan monitoring perkembangan informasi di media mainstream dan media sosial.

Yang menarik perhatian Tim adalah Simpel Puter yaitu Sistem Pelayanan Publik Terpadu, pengurusan SIM, SKCK dan konsultasi hukum, layanan Pemerintahan seperti KTP-EL, Perijinan, Pertanahan dan layanan kesehatan serta perbankan dari BANK BRI Situbondo dan BANK Jatim. (mam/edo).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Kemenpan RB Tinjau Inovasi Pelayanan Polres Jember dan Situbondo

Terkini

Close x