"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Saturday, 28 July 2018

Tiga Hari PAM Macet, Warga Situbondo Kesulitan Air Bersih

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Warga desa Gedunglo kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo Jawa Timur mengeluh, lantaran selama 3 hari sudah tidak mendapatkan pasokan air bersih.

Pasalnya  air  bersih dari Tandon macet, sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan warga  sehari-hari seperti air minum mandi, memasak dan mencuci. "Kami kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan minum dan mencuci,  apa lagi buat mandi,"ujar Sukartini warga dusun Cerpat, desa Gedunglo, Sabtu (28/72018).

Hal senada dikatakan Suhawi. "Sebelumya hanya mengalir pukul 12 malam hingga jam 7 pagi, untuk mandi tidak cukup dan harus mencari air dengan menempuh jarak 2 kilo ke sungai pak, Padahal lanjut Sahawi  warga membayar tarif air minimum perkubiknya, saya berharap petugas memikirkan nasib kami," harapnya.

Kelompok Himpunan penduduk Air Minum (Hipam) desa Gedunglo, Latif  mengatakan instalasi Pam sudah tak bisa diandalkan lagi. Sebab, mesinnya rusak, seperti Motor penggerak, Jet Pompa, kabel aliran listrik serta pipa stainles  mengalami kerusakan. Setelah di lakukan pengecekan kerusakan di kalkulasi mencapai Rp 61 juta .

Sementra anggaran atau kas yang ada tidak mampu memenuhi biaya perbaikan tersebut. Untuk mengatasi masalah hal ini Pihaknya dan anggota Hipam desa Gedunglo mengajukan proposal ke dinas terkait untuk mendapatkan bantuan.

"Untuk sememtara kami memberikan pasokan air melalui mobil tangki milik Badan Penanggulanagan Bencana Daerah Situbondo  (BPBD) dan Damkar unit kecamatan Jangkar. Namun, terbatasnya air bersih membuat tak semua kebutuhan konsumen bisa tercukupi”, jelasnya.

Suplay air menurutnya dilakukan dengan mobil tangki BPBD dan Damkar yang membawa air bersih 3  kali dalm sehari. Dan ini kita akan lakukan selama sampai ada perbaikan mesin nantinya, Hal yang terpenting adalah bagaimana warga tetap mendapatkan air bersih untuk segala kebutuhan. (edo).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: