"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Sunday, 5 August 2018

Dampak Gempa 7 SR di Lombok NTB Terasa Hingga Kota Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Guncangan gempa  7 Skala Richter (SR) di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu, (5/8/2018) malam terasa hingga di Kota Kabupaten Jember Jawa Timur.

Seperti yang terjadi di salah-satu Wisata Kuliner Pujasera Tamara Resto jl PB Sudirman no 45 (Depan Kodim) Kabupaten Jember, tampak para pedagang terlihat panic, dan meninggalkan dagangannya. “ Linduuu… lingduuu, lindu…! (Gempa.. gempa… gempa..” teriak Sholihin.

Gempa sekitar pukul 18.46 Wib ini berpotensi Tsunami, antara 10 hingga 13 cm, sedangkan ketinggian maksimal diperkirakan mencapai 30 cm. Demikian disampaikan Ketua Pusat data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kepada salah-satu media Swasta Nasional, Minggu (5/8/2018) malam

Bahkan sebelumnya BNPB telah mengeluarkan Peringatan dini sunami, namun pukul 20.25 wib sudah akhirnya.  “Butuh waktu 12 menit untuk pereodi sebelum datangnya sunami, karena gempanya local sehingga butuh waktu hingga satu jam, Sunami hanya mencapai 10 sampai 13 cm, maksimal 30 cm”, jelasnya.

Sunami tidak terlalu besar, hanya lewel waspana, untuk itu masyarakat diharap tenang dan tidak gampang percaya isu-su tidak benar “Yang penting ditempat aman,  gempa susulan masih akan terjadi, sebanyak 27 kali, untuk itu BMKG akan terus menyampaikan perkembangan”, pungkasnya. (eros).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: