Translate

Iklan

Iklan

KPU Jember Minta Masyarakat Tidak Terlalu Khawatir Tidak Bisa Memilih

9/17/18, 15:54 WIB Last Updated 2018-09-17T09:39:16Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Meski DPT dan DPTHP sudah ditetapkan, KPU Jember menghimbau Masyarakat tidat terlalu khawatir tidak dapat menggunakan Hak Pilihnya dalam Pemilu 2019.

Pasalnya masyarakat yang  tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP), masih diberikan kesempatan  melalui Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb). Demikian Kata Komisioner Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Jember, Ahmad Hanafi, Senin (17/9/2018).

Pernyataan ini disampaikan masih adanya kekhawatiran sebagian kalangan yang hingga kini tidak masuk dalan DPT tidak bisa menggunakan hak suaranya dalam Pemilu Legislatif, DPRD Kabupaten / Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Pilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Untuk pelaksanaanya pemdaftaram melalui DPTb akan di mulai pada tamggal 10 Pebruari hingga 18 Maret 2019 melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa / Kelurahan masing-masing”, jelasnya.

Jika masih belum juga terdaftar, KPU masih memberikan kesempatan lagi untuk menggunakan hak pilihnya di TPS pada pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 menggunakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (EKTP) atau surat keterangan dari Dispendukcapil,  sebagai pengganti EKTP

Tetapi hanya boleh di TPS sesuai alamat KTP. “Contoh Ia tinggal di Kaliwates,  alamat KTP nya Mangli, maka ia bisa menggunakan hak pilihnya di Mangli, nyoblosnya pada jam 12.00 hingga jam 13.00 wib. “Untuk itu masyarakat tidak perlu khwatir tidak bisa menggunakan hak polihnya” himbaunya.

Dalam kesempatan itu Hanafi menjelaskan untuk DPT Jember sebanyak 1.832.142 pemilih, sedangkan jumlah TPS nya 7666 dengan masing-masing TPS sebanyak 300 pemilih. “Jumlah ini naik dua kali lipat dibandingkan jumlah TPS pada pilgub jawa timu yang hanya sekitar empat ribuan”, pungkasnya. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPU Jember Minta Masyarakat Tidak Terlalu Khawatir Tidak Bisa Memilih

Terkini

Close x