"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Thursday, 20 September 2018

Polres Jember Tangkap Ratusan Pelaku Kejahatan Selama Operasi Sikat Semeru 2018

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Selama 12 hari, Polres Jember Jawa Timur menangkap 113 pelaku tindak kriminal selama operasi sikat Semeru 2018 yang berjalan sejak 5 hingga 16 September 2018. 

Operasi ini persiapan memasuki Operasi Mantab Brata menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif (Pileg), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten / Kota, DPRD Provinsi, Dean Pimpinan Daerah (DPD) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 17 April 2018.

Dalam Operasi itu Polisi berhasil mengungkap 89 kasus yang menjadi prioritas Polri. "Lima belas tersangka diantaranya, terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan, karena saat akan ditangkap mereka melakukan perlawanan dan hendak melarikan diri.

“Ada 7 prioritas pengungkapan kasus seperti curat, curas, penyalahgunaan Sajam, penyalahgunaan senjata api, curanmor, depcolektor dan kriminal jalanan lainya. Namun dalam pengungkapan di dominasi pelaku curat sebanyak 45 tersangka,  membawa sajam, 36 tersangka dan curas sebanyak 15 tersangka”, jelasnya.

Khusus pelaku curas atau begal langsung dilumpuhkan dengan tembakan, Sebab, pelaku dikenal sadis yang tak segan-segan melukai korban.  Pasalnya pelaku sengaja membawa senjata tajam atau senjata api, jika polisi tidak menembak dan tersangka sampai melukai masyarakat.

Dari 113 diamankan dari 89 Kasus itu, masing-masing, 98 pelaku dari  79 kasus Non target Operasi (TO) dan 15 dari 10 Kasus, yang masuk TO. "Ungkap Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, SH. SIK, MH dalam release di halaman Mapolres Jalan Kartini, Kecamatan Patrang, Kamis (20/9/2018).

Mereka yang diamankan Lanjutnya dari kasus berbeda, 42 pelaku terlibat kasus Pencurian dan Pemberatan (Curat), 15 pelaku Pencurian dan Kekerasan (Curas), Curanmor  39, Lahguna Senpi 1 orang, Lahguna sajam 36, Debkolektor 2 Orang dan Street Crime (Kejahatan jalanan) 8 Orang.

"Dari Total pelaku sebagian sudah kita Kirim ke Lembaga Pemasyarakan (lapas), mengingat kapasitas Rumah tahanan (rutan) yang dimiliki Polres Jember, ini yang kita rilis  hanya 70 orang dan Ratusan Barang buktinya yang masih menjalani proses penyidikan." Ungkapnya.

Dari para pelaku yang ditangkap, selama operasi ini dilaksanakan, polisi juga berhasil menyita sejumlah barang bukti diantaranya 22 unit sepeda motor, 2 truk dan pick up, 26 HP, 25 Sajam terdiri 14 pisau, 19 celurit, 2 parang, 1 senpi, beberapa ekor ayam dan burung. (edw/yond).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: