Translate

Iklan

Iklan

Berkali-kali dirazia, Para Penambang Emas liar di Jember Tetap Membandel

9/20/18, 18:34 WIB Last Updated 2018-09-20T14:09:00Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Para penambang emas di Gunung Manggar Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember seakan tidak ada Kapok-kapoknya untuk melakukan penambangan.

Meski berkali-kali apararat menangkap para pelaku penambang liar dan menutup lobang, ternyata masih saja ada yang berani beroperasi. Pasalnya masih saja ditemukan lobang baru, bahkan dari tahun ketahun para pelaku penambang emas liar ini masih beroperasi, diperkirakan mencapai 400 orang.

Hal itu diketahui saat tim gabungan dari jajaran Polres Jember bersama Perhutani KPH dan TNI, saat mendatangi lokasi dan kembali ditemukan 10 lobang  diduga bekas tempat penambangan emas liar yang masih aktif , sementara para penambang dimungkinkan kabur sebelum petugas datang ke lokasi.

“Operasi ini untuk melakukan penertiban, ada dua tindakan untuk menekan kegiatan pentambang emas liar ini, pertaman langkah preventif, pencegahan dengan dilakukan Razia, sebulan sekali. Demikian kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH, usai melakukan razia Kamis (20/9) siang.

Langkah ini menurutnya untuk menimbulkan efek keengganan masyarakat, untuk melakukan penambangan, selain itu dengan cara refresif dengan penegakan hukum.

Sementara menurut Administratur KPH perhutani Jember Basuki, bahwa hasil evaluasi menurutnya sudah ada penurunan jumlah penambang, bahkan luasan areal penambangan semakin menyempit.  Ditemukan sekitar  100 lubang, hanya  10 lubang  yang masih aktif.

“Kalau diasumsikan per lubang 4 orang pekerja, maka ada sekitar 400 orang, yang masih melakukan kegiatan tambang ilegal. "Jumlah tersebut, sudah turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya  yang jumlahnya mencapai 800 hingga 900 orang." Jelasnya.

Sebelumnya Polres dan Polsek Wuluhan sudah berkali kali melakukan penutupan lokasi tambang gunung Manggar, Namun pelaku kembali lagi, melakukan kegiatan penambangan ilegal, saat mengetahui polisi dan perhutani sudah tidak melakukan Razia. (edw).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Berkali-kali dirazia, Para Penambang Emas liar di Jember Tetap Membandel

Terkini

Close x