Translate

Iklan

Iklan

Pemkab Jember Kucurkan Ratusan Miliar Untuk Rehab Belasan Pasar Tradisional

11/22/18, 20:10 WIB Last Updated 2018-11-22T14:06:31Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Jawa Timur pada tahun 2018 ini menganggarkan 100 milyar lebih untuk membangun dan rihabilitasi 14 pasar tradisional .

Untuk 12 pasar ditarget selesai akhir tahun ini. Demikian kata Bupati Jember, dr Faida, MMR, mendampingi Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Susiwijono, saat meninjau stabilitas harga dan perkembangan renovasi pasar di Kabupaten Jember, Kamis (22/11/2018).

“Sementara untuk dua pasar yaitu pasar induk dan Pasar Tanjung  akan dibangun dalam empat tahap dan sekarang  sedang melaksanakan pembangunan untuk tahap pertama, Sampai akhir tahun diperkirakan akan mencapai Rp 75 miliar. Untuk Pasar Tanjung sendiri dianggarkan Rp. 10 Miliar”, jelasnya.

Pasar tradisional merupakan pusat perputaran ekonomi rakyat ini harus  berubah. “Dulu yang pasar bau dan kumuh, sekarang harus berubah. Sudah jaman now, boleh namanya pasar tradisional, tetapi bangunan dan manajemennya modern, yang jual tetep rakyat, yang dibeli tetap kebutuhan rakyat,” jlentrehnya.

Faida mengapresiasi komitmen para pedagang yang mau berjuang bersama-sama memperbaiki pasar. “Saya senag  pedagangnya mendukung, kompak dan mau ditata, sehingga Pembangunan bisa berjalan lancar tanpa keributan dan huru hara, akses jalan ke pasar lancar, lalu lintas juga tidak macet”, katanya.

Disamping itu  saat ini juga ada pendataan dan rencana penataan para pedagang yang berjualan di pinggir jalan.  Secara bertahap penataan berdasar barang dagangan, seperti penjual sayur ditempatkan di los sayur yang disediakan. Kedepannya, semua pedagang harus bisa menjadi satu di pasar.

“Penataan nanti bertahap yang berjualan sayur sayur ya di lesnya sayur-sayur sudah kita hitung, pedagang yang  di bawah harus bisa jadi satu, ini sudah kita sampaikan, sama-sama cari rezeki, untuk jujalannya diutamakan produk-produk dari Jember supaya pertanian dan UMKM Jember maju”, pungkasnya.  

Sesmenko Perekonomian RI Susiwijono,SE ,.ME mengapresiasi komitmen Pemkab Jember yang luar biasa untuk membangun kembali pasar sebagai urat nadi perekonomian rakyat.  “Hal ini sejalan dengan kebijakan presiden Joko Widodo yang selalu mendorong supaya pasar sebagai pengangkat ekonomi rakyat, dan betul betul diperhatikan,” katanya.

Menurutnya, dengan 14 pasar yang dibangun secara bersamaan menggunakan anggaran daerah itu luar biasa. Sehingga langsung dirasakan manfaatnya oleh rakyat kecil. Ia berharap upaya seperti ini kemajuan ekonomi yang ada, mulai di perkotaan sampai di perdesaan, dirasakan betul oleh rakyat.

Sehingga rakyat melihat sendiri betapa pemerintah tidak hanya sekedar membangun sarananya juga memikirkan bagaimana mengatur pasar supaya bermanfaat untuk semua. "Tidak mudah mengatur masyarakat, kemudian dari zona yang dibuat supaya pedagang dipinggiran dikelompokkan jadi satu,” jelasnya

Dalam tinjauan harga diketahui beberapa harga stabil. Penurunan terjadi pada gula. Sementara harga daging ayam naik, karena pemperingatan Maulid Nabi Muhammad SAW.  “Semua membeli daging ayam, setelah peringatan maulid, saya memprediksi akan kembali stabil”, jelasnya. (yond).

Inilah belasan Pasar Yang  sedang direhabilitasi
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Jember Kucurkan Ratusan Miliar Untuk Rehab Belasan Pasar Tradisional

Terkini

Close x