"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Thursday, 1 November 2018

Polres Bersama BKSDA Jember Tangkap Pelaku Jual-beli Satwa Dilindungi

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Jualbeli hewan dilindungi di Jember masih saja terjadi, kali ini Kapolsek  AKP Eko Basuki TA, S.H yang bekerjasama dengan BKSDA wilayah III menangkap seorang tersangka.

Polisi menangkap penjual satwa liar  ini di seputaran SPBU jalan Sultan Agung Kecamatan Arjasa. Demikian diungkapkan  oleh Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo SH. SIK. MH saat melakukan press Converence di halaman Mapolres Jember, Kamis (1/11/2018).

"Tersangka Rasidi (24) outsourcing PJKA Kalisat, Warga Dusun Gunungsari Desa Gedingan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso tersebut kita amankan saat akan melakukan transaksi dengan pembeli, penangkapan terhadap tersangka penjual satwa liar berkat informasi dari masyarakat”, jelasnya.

Sedangkan barang bukti di amankan berupa  Burung rangkok /julung emas, burung Elang bido, 2 ekor burung alap-alap, kucing hutan sbnyak 4 ekor, 1 unit sepeda motor Honda Beat warna merah No.Pol P 4155 ZS, 1 buah HP merk samsung galaxy prime warna putih, 5 buah sak plastik warna putih.

Berdasarkan hasil perbuatannya tersangka akan dikenakan Pasal 21 ayat (2) huruf a jo pasal 40 ayat (2) UU RI NO 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistemnya dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun dan denda Rp. 100 juta" jelasnya.

Untuk itu Kapolres, Kusworo menghimbau, bagi pemilik binatang yang masuk hewan dilindungi agar tidak besentuhan hukum bisa menyerahkan pada pihak berwajib untuk diserahkan ke BKSDA, sebelum dilakukan penangkapan oleh petugas.

Sementara kepala BKDSA wilayah III Jember Setyo Utomo mengatakan semua hewan yang diamankan sebagai barang bukti, khususnya yang sehat nantinya akan dikembalikan ke habitat yang aslinya kembali, namun yang masih kita rawat dulu sebelum dikembalikan kehabitatnya ” ujarnya. (edw).

Berita Terkait Kriminal

No comments: