"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Monday, 24 December 2018

Pastikan Misa Natal Aman, Polres Jember Sterilisasi Gereja

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. sehari jelang Natal dan Tahun Baru 2019, Polres Jember turunkan tim Jimbon gegana brimob kompi Bondowoso untuk strerilisasi  sejumlah tempat ibadah umat kristiani.

Sterilisasi ini digelar untuk memastikan perayaan Natal bisa berjalan lancar dan tidak ada gangguan teror ataupun yang lainnya. Demikian diungkapkan  Kanit Jibom Gegana, Ipda Agus, dibawah kendali Jajaran Polres Jember  kepada sejumlah media, Minggu (24/12/2018).

Setidaknya ada empat gereja yang disterilisasi, yakni Gereja katolik Santo Yusuf, Jl RA Kartini No. 26 Kecamatan Kaliwates, Gereja GPIB GETSMANI, Jl PB Sudirman No 01 kecamatan Patrang, Gereja GKJW, Jl Karimata No. 27 Kecamatan  Sumbersari dan Gereja HKBP, Jl Karimata Gg  Gereja Gunung Batu Kecamatan Sumbersari.

Para petugas menyisir seluruh ruangan menggunakan alat pendeteksi logam dan lampu senter, sejumlah buku-buku  juga tak luput dari pemeriksaan tim gegana, petugas juga melakukan pengecekan pada sklar-saklar lampu dengan cara menghidupkan dan mematikan beberapa kali.

“Seluruh ruangan Pengecekan skalar lampu tersebut bertujuan untuk mengecek apakah ada benda asing yang disisipkan pada jalur-jalur listrik. Itu berkaitan dengan benda yang kita curigai yang dapat disisipkan pada jalur listrik, karena dari sumber listrik tersebut ada powernya," jelasnya.

Dia menjelaskan selama pemeriksaan tidak ditemukan benda mencurigakan, atau mengamankan benda lainnya. "Kita tidak menemukan barang mencurigakan, termasuk handak ataupun bom," katanya.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo SH, SIK, MH, didampingi Kombes Arnapi SH, SIK, M. HUM mengatakan, sterilasasi ini guna antisipasi gangguan sejak dini.  "73 Gereja Di Jember yang digunakan ibadah misa natal, yang melibatkan ribuan jama'at nasrani, kita pastikan akan berjalan aman," jelasnya.

Pejabat Tinggi dari Polda Jatim Kombes Arnapi yang diterjunkan Wilayah Jember dan Lumajang melakukan monitoring mengapresiasi langkah-langkah pengamanan yang dilakukan Polres Jember. "Pengamanan ini  sesuai yang diprogramkan Polda Jatim" katanya.

Beliau juga berpesan kepada umat gereja bahwa Pada saat ke Gereja nantinya agar tidak membawa barang yang berlebihan seperti tas yang besar dll, dan apabila terpaksa membawa tas yang besar agar dititipkan pada petugas keamanan yang ada di sana"pungkasnya. (edw).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: