Translate

Iklan

Iklan

Ratusan Qori' dan Qoriah Mengiuti Lomba MTQ di Jember

12/01/18, 23:16 WIB Last Updated 2018-12-01T16:52:37Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ratusan peserta  Qori' dan Qoriah yang tersebar dari 31 Kecamatan mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Jember 1 - 2 Desember 2018.

Kegiatan ini untuk mempersiapkan peserta diajang MTQ 2019 tingkat Provinsi Jawa Timur, Lebih dari 600 peserta qori' dan qoriah. Demikian disampaikan oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR dalam pembukaan di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Sabtu, 1 Desember 2018.

Jumlah peserta lebih banyak dari sebelumnya. “Ini berkat sinergi Kementerian Agama Jember, masyarakat dan Pemkab. "Anak-anak yang berprestasi ini memang perlu pembuktian, perlu panggung. Memberi semangat dan memberikan mereka kesempatan untuk menunjukkan kebolehan dan eksistensinya," tutur bupati.  

Sebelum berlaga di panggung MTQ, para generasi qur'ani ini sudah dipersiapkan dengan mendukung program ini, dukungan diberikan dengan memberikan biasiswa kepada penghafal Alquran dan perhatian kepada guru ngaji berupa peningkatan insentif dan pemberian asuransi kesehatan.

Selain itu, guru ngaji akan dikirim ke sekolah-sekolah agar tidak ada anak muslim yang buta baca - tulis Al Qur'an.  “Untuk mendukung program ini, pemerintah memberikan beasiswa bagi para penghafal Al Qur'an. Besiswa ini tanpa memandang latar belakang hafidz dan hafidzoh”, jelasnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. H. Edy Budi Susilo, MSi menyampaikan, MTQ ini guna  mewujudkan masyarakat muslim yang cinta dan mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.  "Dengan harapan tercipta suasana kehidupan Qur'ani," ujarnya.

Kegiatan ini juga sebagai persiapan dan seleksi awal calon kafilah Kabupaten Jember pada MTQ ke-29 tingkat Propinsi Jawa Timur pada tahun 2019 di Tuban  Dengan seleksi dan penjaringan yang objektif akan mendapat qori' dan qori'ah yang lebih baik dan berprestasi dan dapat bersaing dengan kabupaten lain

Sementara untuk Lokasi lomba menurutnya terletak di tujuh titik. Cabang lomba tilawah remaja dan dewasa berlangsung di Aula PB. Soedirman.  Tartil dan tilawah anak-anak di Masjid Jami' Al-Baitul Amin, dan lomba satu juz - lima juz tilawah di Aula Dharma Wanita. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ratusan Qori' dan Qoriah Mengiuti Lomba MTQ di Jember

Terkini

Close x