"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Tuesday, 26 February 2019

Pemkab Jember Bareng TMMD Bangun Daerah Terpencil

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemkab Jember suport TMMD ke 104 tahun 2019 membangun Daerah terpencil yang sulit dijangkau, baik melalui bangunan fisik, layanan masyarakat dan kegiatan sosial.


Sasaran kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke 104 di desa Gunung malang Kecamatan Sumberjambe ini adalah di daerah yang sangat sulit dijangkau. Demikian disampaikan Bupati Jember dr Hj Faida,  MMr usai membuka acara kepada sejumlah awak media, Selasa (26/2/2019) siang.

“Melalui sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dengan Tentara Nasional  (TNI) ini kami berharap agar di wilayah yang selama sangat sulit dijangkau ini mendapatkan percepatan pembangunan sehingga dapat lebih meringankan beban Pemkab Jember," harapnya.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan diantaranya perbaikan jalan, penyambungan Jalan antar dusun dan antar wilayah yang selama ini belum pernah dibangun dari tahun-tahun sebelumnya. "Dan ini untuk pertama kalinya  masyarakat akan menikmati hasil gotong royong," ujarnya

Disamping itu juga membangun ruang terbuka hijau, hal ini mempunyai potensi besar untuk meningkatkan ekonomi, kegiatan  seni budaya dan kegiatan kepemudaan yang berbasis taman-publik . "Oleh karenanya salah satu sasaran TMMD ini adalah meningkatkan Taman terbuka hijau untuk fasilitas umum," lanjutnya.

Didalam  kegiatan TMMD selama 1 bulan ini, Faida melalui Dispendukcapil membuka  layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) seperti KTP dan KK warga desa Gunung malang  disa segera dituntaskan. "Karena ini adalah akses jasa dan hak dasar masyarakat desa," Katanya.

Untuk kegiatan lain yaitu Bakti Sosial, pembagian sembako, kursi roda, pengobatan gratis, dari Kepala Dinas Sosial Pemkab Jember Santi Isnaini SH. “Kami sudah berkoordinasi  dengan Danrem 083 dan Dandim  0824 bahwa sinergisitas ini bisa berlanjut di luar TMMD yang didanai APBD Jember,” lanjutnya.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga dibuka stand layanan advokasi, bantuan hukum bagi warga miskin dari Kepala Bagian (Kabag) Hukum, Ratno Cahyadi Sembodo, layanan donor dari Palang Merah Indonesia (PMI) Zainal Marzuki, SH. dan layanan Kesehatan Gratis dari Kepala Dinas kesehatan, Nurul Qomariyah

Danrem 083 Kolonel Inf. Bagus Satrio Tayo mengatakan,  bahwa untuk bangunan fisik yang memerlukan waktu panjang. "Karena kita hanya punya waktu 30 hari maka perlu pra kegiatan hingga 20 persen, ini merupakan langkah awal untuk menyiapkan pelaksanaan sasaran fisik khusus," katanya.

Untuk meningkatkan  ketahanan sosial perlu dibangun suasana keterkaitan di antara masyarakat, dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan di antara mereka yang diwujudkan dalam program non fisik yang diselenggarakan oleh dinas-dinas terkait.

Menurut Dandim 0824 Jember, Letkol Inf Arief Munawar, dirinya mengerahkan sebanyak 150 personil dalam kegiatan ini. "Sinergi akan memberikan dampak ketahanan sosial, saling menghargai, saling menghormati ada rasa persaudaraan dan persatuan." ungkapnya. (eros).

Berita Terkait Pemerintahan

No comments: