"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Monday, 7 January 2019

Pemkab Jember Gandeng BNI Bantu Warung Rakyat Berjaringan

Jakarta, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemkab Jember bareng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk saluran Program Kemitraan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI ke warung kopi, warung berjaringan, dan suplier.

“Targetnya seribu warung rakyat dan seribu warung kopi berjaringan,” terang Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, usai penandatanganan nota kesepakatan kerjasama di Ruang Cakrawala lantai 32 kantor PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Jalan Jendral Sudirman Kav 1, Jakarta Pusat., Senin (7/1/2019)

Pada tahun 2018 Pemkab Jember telah mengambil beberapa langkah untuk program warung rakyat dan warung kopi berjaringan ini. Program ini dijalankan sekaligus dengan pembiayaannya, bersama BNI dan dilaksanakan dengan sistem informasinya manajeman serta aplikasi keuangannya.

Dalam menjalankan program ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menganggarkan pelatihan manajemen maupun barista. Sementara BNI membiayai modal usahanya. Program ini guna mendorong bersaingan dengan toko-toko yang telah berjaringan.

Warung ini dibantu dalam sisi manajemen, modal, dan suplai barang, utamanya produk lokal. Pengusaha warung rakyat dan kopi tidak memerlukan agunan untuk mendapatkan modal usaha. “Usahanya itulah yang menjadi agunan,” terang bupati. Sementara pemerintah daerah menjadi penjamin atau avalis.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan PT. BNI (Persero) Tbk. Catur Budi Harto mengatakan, program ini bertujuan agar warung lebih produktif, memiliki daya tawar lebih baik, lebih mandiri. “Dan terakhir, tentunya mereka lebih sejahtera dengan program ini,” terang Catur. (eros).

Berita Terkait Pemerintahan

No comments: