"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Tuesday, 19 March 2019

Pemkab Jember Gandeng Google latih Ibu Rumah Tangga E-Commerce

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Jawa timur melatih para ibu-ibu rumah tangga (IRT) untuk menggunakan E-Commerce.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberdayakan kaum IRT  yang selama ini menjadi bagian penting ekonomi kerakyatan. Demikian kata Bupati Jember, dr Faida, MMR saat memberikan sambutan pembukaan di Balai Diklat di kompleks GOR PKPSO Kaliwates Selasa, (19/3/2019).

Pelatihan kepada kaum ibu-ibu ini dipilih, lantaran memberi pelatihan kepada kaum laki-laki menurutnya hanya mendapat hasil satu laki-laki. Tetapi, kalau melatih kepada kaum ibu-ibu, maka satu ibu-ibu sama halnya dengan melatih satu generasi.

Melalui teknologi informasi ini, lanjutnya, mereka bakal mampu untuk berjualan secara berjaringan. “Dengan IT, bagaimana mereka bisa merambah pasar yang tidak di depan mata dan tidak terjangkau kaki dan tangan. Serta meningkatkan omset dan meraih keuntungan lebih besar,” jelasnya.

Pelatihan ini dimulai dari 40 orang, kedepan akan diberi lebih banyak lagi peluang. Karena itu, para peserta berhak menerima bantuan permodalan tanpa jaminan. Jaminannya semangat  dan produknya. Pelatihn hari ini cukup menjadi jaminan, mereka dapat dukungan modal usaha dari 2,5 juta sampai 25 juta,” ungkapnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya di Sidioarjo, Eka handayani, menyampaikan, BPSDMP Surabaya Kementerian Komunikasi dan Informatika pelatihan ini juga untuk mendorong terwujudnya Jember Smart City.

“Salah satu unsur untuk meningkatkan perekonomian di Jember, dengan upaya bagaimana ibu-ibu tidak ketinggalan jaman juga gaul. Khususnya untuk e-commerce, sehingga Kabupaten Jember segera terwujud smart citynya dengan e-commerce,” katanya.

Program ini bekerjasama dengan Google Jatim. Google yang memberikan fasilitasi, strategi menaikkan omset serta strategi pemasaran. Dengan pelatihan ini, diharapkan bagi yang belum memiliki produk atau yang sudah mempunyai dapat menjual perdagangannya secara online atau sebagai resseler. (eros).

Berita Terkait Pemerintahan

No comments: