Translate

Iklan

Iklan

Hari Putri Lestari, Hidupnya Untuk Mengabdi Kepada Wong Cilik

4/04/19, 17:06 WIB Last Updated 2019-04-04T13:13:19Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bagi Hari Putri Lestari, hidup itu untuk mengabdi. Sehingga tak heran, jika perempuan berkarakter kuat itu dikenal peduli dengan kepentingan wong cilik, khususnya terhadap kaum perempuan, anak, buruh dan kelompok tertindas.

Sosok Mbak Tari –sapaan dia- juga dikenal unik. Bahkan, orang-orang mengenalnya sebagai perempuan supel, perhatian, berani, tegas, dan ceplas-ceplos. Perempuan yang dibesarkan di Kota Pahlawan ini juga dikenal tangguh dan mandiri.

Kendati begitu, hatinya yang sensitif kerap membuat matanya berkaca-kaca hingga menangis saat melihat wong cilik sakit, atau ketika mengetahui ada orang miskin kelaparan, dan tidak mempunyai tempat tinggal.

Selain di bidang sosial kemasyarakatan, politisi yang juga dikenal dengan sapaan HPL tersebut, juga bergerak di bidang ketenagaakerjaan & Jaminan Sosial Makanya, dia sering memperjuangkan hak-hak para pekerja. Termasuk pekerja migran.

Karena selama ini, dia menilai, perlakukan terhadap TKI, terutama TKW, belum mendapatkan perlindungan hukum yang layak. Padahal pekerja migran menjadi penyumbang devisa negara.

Terkait itu, sebagai bentuk kepeduliannya menginspirasi HPL mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sapulidi (Persatuan Perempuan Peduli Generasi Indonesia) Sby. HPL menakhodai lembaga perjuangan ini, dan menjabat sebagai Pendiri & Pembina.

Lewat Sapulidi Sby inilah, lulusan terbaik III Program Magister Hukum Bisnis Universitas Airlangga 2008 itu, membaktikan kemampuannya melayani masyarakat dan mengubah cara berpikir mereka ke arah yang lebih baik.

Bahkan, demi idealisme yang dia perjuangkan itu, HPL rela meninggalkan pekerjaannya di salah satu perusahan besar multi company. Sehingga, nama HPL dikenal akrab berbagai kalangan. Mulai dari akademisi di perguruan tinggi, aktivis buruh, aktivis perempuan, aktivis budaya dan lingkungan.

“Saya merasa pengalaman hidup, rizki, dan apa yang saya inginkan telah diberi Allah SWT, melebihi apa yang saya inginkan. Sebagai bentuk rasa syukur, saya terpanggil mendampingi kaum lemah,” katanya.

Ia bahkan tidak canggung bergaul dengan preman pasar, satpam, polisi, sampai para pejabat tinggi dan pimpinan perusahan. Mulai dari anak muda sampai lansia, semua bisa dijadikan teman-temannya. Semua elemn ini dia rangkul, karena bagi HPL advokasi terhadap masyarakat harus melibatkan mereka.

Kesupelan dan semangat melakukan perubahan, membuat ibu dua putra ( pertama seorang jaksa & kedua masih kuliah di Fak Hukum Unair) ini, dipercaya sebagai kader dan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan).

Tanpa ragu, istri Alhmarhum Profesor DR Eman Ramelan SH, Ms, ini mengambil keputusan terjun di dunia politik. Karena menurutnya, kebijakan mengenai persoalan keamanan, hukum, ekonomi, fasilitas publik, dan lain-lain, semua melalui peran legislatif, eksekutif. Dan itu, tidak lepas dari partai politik.

Sehingga, untuk mengoptimalkan pengabdiannya itu, HPL bersedia ditugaskan sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPRD Jawa Timur, dari daerah pemilihan Jember-Lumajang. Semoga perjuangan kami mendapat dukungan masyarakat Jember dan Lumajang. Untuk itu, kami mohon doa restu agar ikhtiyar memperjuangkan nasib wong cilik ini bisa optimal,” tandasnya. (*)


Data Pribadi
* Nama                        : Hari Putri Lestari
* Nama Panggilan      : Tari
* TTL                            : Surabaya, 9 Desember 1967
* Kebangsaan             : Indonesia
* Jenis Kelamin          : Perempuan
* Agama                      : Islam
* Suami                        : Almarhum Prof Eman Ramelan, SH, Ms,
* Anak                         : Raditya Wisnu Aji (Jaksa) Hanindyo Seno Saskara (mahasiswa Fak Hukum Unair)

Pendidikan Formal
* Fakultas Hukum Universitas Airlangga
* Program Magister Hukum Bisnis Universitas Airlangga (Lulusan Terbaik III)
* Pendidikan Konsultan Hukum : Penyelenggara Universitas Airlangga dengan Pengadilan dan Kepengacaraan Tinggi Jatim;
* Pendidikan Profesi Advokat : PKPA Penyelenggara DPC Ikadin dan Peradi

Event-event Internasional yang Pernah Diikuti:
1. Women in Politic, Central Democratic Institute and Australia National University di Canberra, Australia (selama 11 hari Nopember 2010)
2. Seminar on Female Capacity Building for Developing Countries, di Fuzhou, Lanzhou, Xiamen, China (selama 21 hari April 2012 )
3. International Visitor Leadership Program, on Accountability in Government and Business, Washington-New Orleans-Salt Lake Utah-California, Amerika, (selama 21 hari Nopember Desember 2012).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hari Putri Lestari, Hidupnya Untuk Mengabdi Kepada Wong Cilik

Terkini

Close x