"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Monday, 1 April 2019

Kadispendik Jember Tinjau Pelaksanaan USBN SMP

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Jember Dr H Edy Budi Susilo, M.Si, Senin, (1/4/2019) meninjau pelaksanaan USBN 2019 di sejumlah Sekolah Menengah Pertama.

Sejumlah sekolah yang dikunjungi masing-masing yang dikunjungi yaitu, SMP 1 Arjasa, SMPN 13 Jember, SMPN 6 Jember, dan SMPN 3 Jember  "Dari yang saya lihat, semua sudah melaksanakan SOP yang diberikan," kata Edy, usai memantau langsung pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Menurutnya kesesuaian dengan standard operasional prosedur (SOP) itu dari sisi kepesertaan, kehadiran peserta, dan pengawasan secara silang yang dilaksanakan di sub rayon. Dari mekanisme pengambilan, pendistribusian soal dari Diknas, ke sub rayon hingga ke sekolah juga berjalan sesuai prosedur.

Terdapat pelajar dari SMP 1 Arjasa yang sakit dan harus menjalani ujian di ruang UKS yang dijaga oleh satu guru. Ada juga satu pelajar SMPN 3 Jember yang opname. "Jadi mereka ini akan diagendakan ujian susulan. Selebihnya berjalan baik, tertib, lancar sesuai dengan SOP," jelasnya.

Setelah USBN selesai, akan diberi kesempatan bagi siswa yang tidak hadir pada tanggal 6 - 7 April, dengan berbagai alasan seperti mengikuti ujian penerimaan di SMA Taruna Nusantara. "Yang seperti ini diberi toleransi dan akan melaksanakan ujian sendiri dari tanggal 9 - 13 April 2019," jelasnya.

Pelaksanaan USBN bagi SMP Negari, terbuka, maupun swasta berlangsung mulai 1 - 8 April 2019.  Sebanyak 11 mata pelajaran yang diujikan bagi para siswa kelas 9 di 33 sub rayon, dari 94 SMP Negeri, 18 SMP terbuka, dan 222 SMP swasta. "Mulai hari ini di 33 sub rayon, naskah yang sudah siap didistribusikan," lanjutnya.

Berkas yang siap didistribusikan dari Diknas diserahkan ke sub rayon, pagi masing-masing penyelenggara mengambil di sub rayon dalam keadaan tersegel. Soal itu dibuka didepan peserta ujian. Edy berharap proses pelaksanaan USBN ini berjalan dengan tertib, lancar, dan terkendali. "Sampai saat ini, data yang mengikuti ujian sekolah USBN ada 24.012 siswa dari 334 sekolah negeri, terbuka, dan swasta," jlentrehnya.

Terkait UNBK (Ujian nasional Berbasis Komputer), juga sudah dipersiapkan. Ujian dilaksanakan tanggal 22 - 25 April serentak, baik secara mandiri, gabung dan menumpang di SMP yang memiliki fasilitas lengkap. "Tahun ini kita secara serentak akan melaksanakan UNBK seluruh SMP negeri maupun swasta," ungkapnya.

Sejauh ini persiapan lancar dan klir, baik persiapan dari PLN yang membantu untuk tidak melakukan pemadaman pada tanggal ujian. Pihak Telkomsel beserta stakeholder lainnya juga siap memberikan jaminan kelancaran internet. "Kami siap menyelenggarakan UNBK 2019, jelasnya. (eros).

Berita Terkait Pemerintahan ,Pendidikan

No comments: