Translate

Iklan

Iklan

Pemkab Jember Bantu Konsumsi Untuk Lansia Tiga Kali Sehari

3/18/19, 12:55 WIB Last Updated 2019-04-01T05:58:50Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember memberi bantuan kepada 100 lansia miskin,  bantuan itu diwujudkan dalam bentuk pemberian konsumsi untuk tiga kali sehari.

Petugas pengantar ini telah disiapkan Bupati dr Hj Faida, MMR dengan membentuk petugas pengirim makanan. “Bantuan makanan kepada lansia itu tercantum di SK Bupati, ini kesempatan melayani masyarakat,” ujar bupati kepada 15 petugas pengirim di Pendapa Wahyawibawagraha Senin, (18/3/2019).

Bupati Faida berharap tidak ada lansia di Jember ini yang kelaparan. Para pejabat di lingkungan Pemkab Jember diharap turut mengawal. “Saya tidak ingin pejabat menjadi tumpul hatinya, hanya sibuk dengan administrasi, karena keberadaan pejabat tujuannya untuk melayani nmasyarakat”, katanya.

Memberi makan kaum miskin, bukan hanya sebuah tugas negara. Lebih dari itu. Di dalam Al Qur’an telah disebutkan untuk berpihak kepada kaum miskin. “Orang yang mendustakan agama adalah mereka yang menghardik anak yatim dan mereka yang lalai memberi makan orang miskin,” ungkapnya.

Kepada para petugas pengantar makanan, bupati menegaskan tugas itu adalah tugas mulia. “Mengantar makanan ini bukan sekedar tugas administratif maupun sekedar tugas kurir, tetap tugas ini sejatinya tugas kemanusiaan,” tuturnya.

Data hasil verifikasi mahasiswa menunjukkan masih banyak warga miskin yang belum menerima bantuan beras. “Sebagian dari mereka ternyata ada lansia yang sudah tidak mampu mandiri. Apalagi memasak, sehingga beras rastra digantikan dalam bentuk makanan katering siap saji,” jelasnya.

Lebih lanjut Faida menjelaskan bahwa para penerima bantuan katering ini adalah mereka yang telah berusia di atas 60 tahun, hidup miskin, sebatang kara, tidak ada keluarga yang membantunya, atau mendapatkan bantuan makanan dari tetangga yang tidak pasti.

Kepala Dinas Sosial Jember Isnaini Dwi Susanti, SH, menambahkan, katering ini diberikan langsung kepada lansia di rumahnya. Dinas Sosial melakukan pemantauan dan pengawasan. “Masih akan diverifikasi lanjutan dari datanya lansia yang benar benar layak menerima bantuan katering makanan ini,” katanya.

Jika ada lansia yang punya keluarga tetapi keluarganya tidak peduli dan tidak merawat lansia tersebut, lanjutnya, akan diberikan bantuan katering makanan terus. Bantuan ini diharapkan dapat menggugah kesadaran keluarganya. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Jember Bantu Konsumsi Untuk Lansia Tiga Kali Sehari

Terkini

Close x