"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Thursday, 22 August 2019

Anggota DPRD Jember Mulai Ngantor, Partai Fokus Bentuk Fraksi

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sehari usai dilatik, sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember mulai ngantor di Gedung Dewan Jalan Kalimantan 86 Sumbersari, Jember.

Sejumlah anggota dewan lintas partai, tampak berbincang santai di ruang Komisi A. “Tidak ada agenda khusus, kita hanya ngobrol saja kok, kan kelangkapan dewan masih belum terbentuk”, kata anggota DPRD Jember dari Partai Nasdem, David Handokoseto, Kamis (22/8/2019).

Saat ini sejumlah Partai Politik (Parpol) masih focus membentuk Fraksi dan memilih ketuanya. Untuk Fraksi Nasdem sejumlah nama, baik Wakil Pimpinan Dewan maupun Calon Ketua Dewan sudah dikirim ke DPP, tinggal menunggu saja”, jelasnya diselah-selah ngobrol dengan lima anggota legislative sefraksinya serta sejumlah anggota lintas partai.

Tampak bergabung dalam obrolan itu, disamping anggota dari partainya juga dari  anggota dari PAN, Partai Demokrat, sementara beberapa anggota lain ada yang santai di ruang Lobby dan ada yang mengumpulkan surat kelengkapan administrasi ke Sekretaris Dewan (Sekwan).

Tampak dari Partai Nasdem yang sedang ngobrol diantaranya Davit Handokoseto, Gembong Konsul Alam, Hamim, Kristian Andi Kurniawan, Retno Asih Juwitasari dan Dedy Dwi Setiawan, Dannis Barlie Halim.  Try Sandi A Priana (Partai Demokrat) dan Nyoman Aribowo (PAN), yang kemudian Partai Nasdem melakukan  rapat internal.

Sementara Nur Hasan (PKS), Hadi Supaat (PDI Perjuangan), Sunardi (Gerindra), Ahmad Faesol,  Sri Winarni (PKB) Dogol (Perindo),  Sunardi (Gerindra), Hadi Supaat (PDI Perjuangan) dan sejumlah anggota yang lain tampak ngobro di ruang loby dan ruang fraksi lain.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini hanya satu fraksi yang sudah terbentuk, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).”Bahkan surat dari DPP PKB sudah datang pada hari Rabu (21/8/2019) kemaren”, kata ketua Dewan sementara Itqon Syauqi.

Sedangkan yang lain masih belum, Partai Nasdem, PDI Perjuangan, Gerindra, dan PKS juga masih menunggu turunya surat dari DPP Partainya masing-masing. Beda untuk fraksi PPP tidak perlu rekom DPP dan Ahmad Faesol ditunjuk DPC sebagai ketua Fraksi, sedangkan partai gabungan, yang tidak memenuhi syarat 4 kursi, seperti Demokrat, PAN, Golkar, Perindo dan Berkarya masih lobby-lobby. “Untuk partai Demokrat, masih belum mas”, kata Try Sandi A Priana singkat.

Untuk Fraksi Gerindra juga masih dalam proses, menurut ketua Gerindra Jember, H Satib, Partainya sudah mengusulkan nama-nama tersebut ke DPP, baik Wakil Pimpinan Dewan maupun untuk Ketua Fraksi. “Sudah kita usulkan masing-masing lebih dari satu, sabar, ditunggu yah”, jelas H Satib.

Hal senada disampaikan anggota DPRD PDI Perjuangan Hadi Supaat. “Sudah muncul nama, tapi saya tidak berani menyebut, bukan wewenang saya, kalau saya terserah perintah partai”, katanya. Sedangkan untuk Fraksi PKS, kata Nurhasan juga sama. (eros).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: