"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Saturday, 10 August 2019

Wakil Bupati Lumajang Lantik Puluhan Pramuka Garuda

Wabub Lumajang Indah Amperawati saat melantik, kredit foto: Humas for MG
Lumajang-MAJALAH-GEMPUR.Com - Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati melantik 58 Anggota Pramuka yang memperoleh Penghargaan Pramuka Garuda dari Golongan Siaga, Penggalang dan Penegak.

Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi yang dapat diterima oleh Anggota Pramuka pada tingkat golongannya. Demikian disampaikan wabub yang juga merupakan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang.

Agenda pelantikan ini, juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Pramuka ke 58. Wabub berpesan, agar Pramuka Garuda yang sudah terseleksi dengan ketat dalam tahapan-tahapan tes dan uji keterampilan dapat menjadi role model dan teladan bagi teman sebayanya untuk senantiasa menjadi manusia yang memiliki Karakter.

"Mengapa Kwarcab Pramuka Lumajang pada peringatan Hari Pramuka kali ini mengambil tema Generasi Tangguh dan Pramuka Garuda? Karena tujuan pembinaan Pramuka adalah mendidik kaum muda Indonesia menjadi pribadi yang berkarakter," ujar Wabub, Sabtu 10 Agustus 2019.

Salah satu bentuk untuk mewujudkan karakter itu, lanjut wabub, adalah dengan menghantar peserta didik menjadi Pramuka Garuda. Karena seorang Pramuka untuk menjadi Pramuka Garuda harus memenuhi berbagai persyaratan dan ujuan dari tim penilai secara khusus.

"Dari proses itulah nantinya akan terbentuk kaum muda yang tangguh seperti harapan kita semua," Demikian Wakil Bupati yang akrab disapa Kak Indah saat menjadi Inspektur Upacara Pelantikan Pramuka Garuda. 

Sebelumnya seleksi Pramuka Garuda ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan mulai dari pendaftaran, tes tulis, uji keterampilan, proyek rancang bangun hingga wawancara. Total pendaftar untuk seleksi sebanyak 500 orang.

Acara dilanjutkan dengan Talkshow Pramuka dengan Narasumber wabub Indah selaku Kakwarcab, Robi selaku Pramuka Berprestasi Nasional 2017 dan Zamzami selaku Purna DKD Ketua DKD Jawa Timur. 

Menurut Robi esensi dari menjadi seorang Pramuka Garuda harus ditanamkan dalam hati tidak sekedar simbolis, "Yang terpenting bukan Lencana Pramuka Garudanya, tapi attitude sebagai seorang Pramuka Garudanya. Sehingga ketika sedang tidak mengenakan seragam Pramuka, seorang Pramuka Garuda akan tetap berperilaku terhormat selayaknya Pramuka Garuda" 

Sedangkan Zamzami berpesan agar para Pramuka Garuda tidak berhenti belajar "Jangan karena sudah Garuda terus puas. Tetap semangat belajar, tetap berdoa dan minta restu orang tua," pesannya. (RF/Bor/Kwarcab Lumajang)

Berita Terkait Pendidikan

No comments: