"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Tuesday, 17 September 2019

Kemenpan RB Bareng Kominfo Jatim Gelar Pendampingan Penerapan SPBE

Surabaya, MAJALAH-GEMPUR.Com. Diskominfo Jatim bersama Kementerian Kemenpan RB menggelar pendampingan (Piloting) sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Kegiatan ini guna memberi bimbingan serta meningkatkan penerapan dan indeks SPBE Pemerintah Kabupaten/Kota. Demikian kata Asisten Deputi Purumusan Kebijakan dan Koordinasi Pelaksanaan Sistem Administrasi Pemerintah dan Penerapan SPBE, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB), Dr Eng Imam Machdi MT.

Pasalnya,  Kementerian PANRB menurutnya mendapatkan mandat untuk mengawal reformasi birokrasi pemerintah. Oleh karena itu harus merumuskan dan melaksanakan inisiatif dan inovasi terhadap program-program percepatan reformasi birokrasi.

Dikatakannya, e-government atau SPBE merupakan pondasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi agar dapat menjalankan roda pemerintahan dengan terintegrasi dan memberikan pelayanan publik secara terpadu dan berkesinambungan.

“Kita tahu, teknologi itu keniscayaan. Oleh karena itu pemerintah pun harus adaptif mengikuti perkembangan zaman agar dapat mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, akuntabel dan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas sebagaimana tujuan dari reformasi birokrasi itu sendiri,” ujarnya saat membuka acara di aula Diskominfo Jatim, Selasa (17/9/2019).

Lebih lanjut katanya, kegiatan piloting SPBE ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan SPBE, khususnya pada domain kebijakan, pelaksanaan tata kelola, dan penerapan layanan. “Pada akhirnya akan meningkatkan penerapan dan indeks SPBE baik pada masing-masing Pemerintah Daerah maupun tingkat nasional, meningkatkan pelayanan administrasi pemerintahan, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik secara keseluruhan,” tambahnya.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, Dra Ec Nirmala Dewi, MM mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 76 orang berasal dari 38  Kabupaten/Kota di Jawa Timur. piloting SPBE ini dilaksanakan selama dua hari.

“Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai perwakilan Pemerintah Pusat di daerah ikut berperan dalam memfasilitasi peningkatan indeks SPBE Kabupaten/Kota di Jawa Timur, dan berupaya untuk mewujudkan integrasi aplikasi di berbagai sektor guna mewujudkan pemerintahan yang Cepat, Efektif, Efisien, Transparan, Akuntable dan Responsif (CETTAR),” katanya.(ern/s/eros).

Berita Terkait Pemerintahan

No comments: