"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Tuesday, 29 October 2019

BPBD dan PDAM Jember Salurkan Air Bersih di Sebelas Kecamatan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Menghadapi kemarau panjang tahun 2019, BPBD Pemkab Jember bersama PDAM salurkan bantuan air bersih di 11 kecamatan rawan kekeringan.

“Penyaluran dilakukan sejak bulan Agustus bulan lalu dengan tiga armada, satu armada milik BPBD dan dua armada dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM),” kata Plt Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Satuki, Selasa (29/10/2019).

“Setiap hari kita menyalurkan air bersih secara rutin, di delapan titik, disamping itu juga ada permintaan baru, untuk jumlah total yang sudah kami disalurkan sekitar 1600 KK dan 10000 ribu lebih warga yang telah kita bantu,” Jelasnya.

Untuk kelancaran, penyaluran air bersih Satuki mengaku bersinergi dengan sejumlah pihak terkait, diantaranya, Kodim, Polres, Camat, Kapolsek Danramil hingga di tingkat desa yaitu Kades / lurah dan instansi terkair serta tokoh masyarakat setempat.

“Untuk permintaan baru kita usulkan sesuai dengan zonasi, permohonan itu bisa disampaikan bay phone, bisa melalui surat, melalui sekolah, desa, Pondok Pesantren, instansi, misalnya Rumah Sakit, puskesmas, yang penting kita akan tangani secepat mungkin”, katanya.

Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf Laode M Nurdin  menyampaikan bahwa penyaluran air bersih ini merupakan suatu bentuk kepedulian Forkopimda, dimana Bupati Jember memberikan bantuan kepada masyarakat yang ada diwilayahnya kekuarangan air bersih.

TNI bersama tiga pilar, lanjutnya, akan selalu siap mendukung program ini. “Pada penyaluran di Kecamatan Patrang, Kami bersama Camat, hingga Lurah, ikut mendistribusikan air bersih, sebelumnya sudah dilaksanakan di 23 titik di 10 Kecamatan”, jelas nya.  

Laode berharap tiga pilar yang ada di ditingkatan masing-masing baik di desa (Kades / lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas), Kecamatan (Camat, Danramil serta Kapolsek), peduli, dengan selalu memberi dukungan dan memberikan solosi terhadap dampak yang ditimbulkan kemarau panjang ini.

Joko, salah-satu warga di RT 02, RW 2 Kelurahan Cangkirng, Kelurahan Baratan, kecamatan Patrang, mengaku senang dan menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan air bersih ini. menurutnya bantuan itu sangat membantu air besih.

“Kami sangat terbantu, dengan bantuan air bersih ini, karena disini airnya sudah kering, padahal sumur warga dalamnya 7 meter lebih, tapi sudah tidak ada air, biar tidak menjadi langganan kekeringan kalau bisa kami minta bantuan sumur Bor”, harapnya. (rus).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: