"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Thursday, 21 November 2019

Sungai di Jember Tercemar Limbah Busa

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Salah-satu sungai di Desa/Kecamatan Arjasa dan Desa Patemon, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, Jawa Timur tercemar oleh limbah busa.

Bahkan seluruh permukaan air tertutup limbah busa warnah putih tersebut, padahal sungai itu sering pergunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari seperti mencuci dan mandi.  Warga menduga limbah itu berasal dari sebuah pabrik di Kecamatan Arjasa.

“Busa itu, kemarin datangnya sekitar pukul 15.00 WIB, hingga pagi masih ada, wong di belakang rumah kok sungainya, kejadiannya sudah tiga kali, dulu lebih parah dan mengakibatkan yang mandi terkena gatal-gatal,” keluh Buhori (73), salah-satu warga Desa Patemon, Kamis (21/11/2019).

Atas kejadian itu membuat perwakilan warga yang resah mendatangi perusahaan itu. “Kemarin infonya, Kasun sama BPD dari Desa Patemon ke sana, ke perusahaan. Kalau yang dari Desa Arjasa Pak RT dan Pak RW ke sana (Perusahaan). Bahkan dari Polsek juga ke sana juga,” jelasnya.

Buhori mengaku, bahwa sebelum ada perusahaan itu tidak pernah di sungai itu terjadi hal semacam itu. “Kalau sebelum ada pabrik, kita mandi aman mas. apalagi pada saat ini kebetulan masih musim kemarau, sehingga ikan sempat mabuk (mati) kemarin terkena limba itu,” tegasnya.

Salah-satu petugas pengairan setempat, M Yasin menyayangkan kejadian itu, karena kualitas irigasi  untuk pertanian dan dimanfaatkan orang banyak, malah tercemar.  “Sungai di sini, bukan hanya untuk irigasi ke persawahan, tetapi juga untuk kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Dirinya meminta, pihak terkait bisa meninjau lokasi atau perusahaan itu, agar ke depan air di sungai tidak  tercemar lagi .  “Sementara dinas terkait, harus meninjau lokasi. Terutaam dinas lingkungan hidup. Supaya kedepan tidak parah, pencemarannya,” tegas Yasin.

Saat sejumlah awak media hendak menemui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, salah satu petugas menyampaikan jika pimpinannya sedang keluar ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Pakusari. (gik/eros).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: