"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Friday, 10 January 2020

Kodim 0824 Jember Periksa Kesiapsiagaan Bencana

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Antisipasi Cuaca ekstrim peringatan Badan Meteorologi, Kolimatologi dan Geofisika (BMKG), gandeng stakeholder, Dandim 0824 Jember gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana dan memeriksa Peralatan dan Logistik.

Diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember lengkap dengan sarana prasarananya, Badan SAR Nasional (Basarnas) juga dengan prasarananya, serta instansi lainnya yang berkaitan dengan tugas-tugas  yang berkaitan dengan penanggulangan kebencanaan.

Apel diikuti jajaran TNI, Polri,  Basarnas, BPBD, Relawan dan FKPPI serta unsur lainnya yaitu Kepala Staf, Mayor Inf Sampak, Pasi Ops Kapten Inf Hendro Nurdin S dan Pasiter; Kapten Arm Suhartono, Kabagops Polres Jember Kompol Idam, Sekretaris BPBD; M Yusuf, Kabaglog BPBD, Heru Widagdo, seluruh personel, BPBD Jember, Basarnas dan relawan.

“Pengecekan ini, guna melihat sejauh mana kesiapannya, sehingga kita bisa tahu kekurangannya dan akan berbuat apa  apabila terjadi bencana hidrometeoroli”, kata Komandan Kodim (Dandim), Letkol Inf La Ode M Nurdin, usai menjadi Inspektur Upacara, Jumat (10/1/2020).

Menurutnya masing-masing bagian sudah siap sesuai dengan tupoksinya. “Alhamdulillah,  luar biasa dari BPBD, Basarnas yang sudah siap termasuk sembakonya, alat masak dan sebagainya, sehigga jika terjadi tanah longsor, angin puting beliung, bisa cepat diatasi dengan baik.

Mengingat Intensitas hujan sangat tinggi, daerah rawan banjir bandang sudah di floating.  "Kepada para Babinsa saya perintahkan untuk  selalu sinergis dengan bhabinkamtibmas,  kemudian dengan unsur-unsur yang ada di wilayah masing-masing," jelas Lulusan Akmil 2001 ini.

Untuk Muspika Kecamatan, juga diharap harus selalu bersinergi dengan Koramil, Polsek dan Camat dalam kesiapan posko bencana, di mana dalam posko memetakan bencana titik-titik rawan bencana, bisa mengantisipasi sebelum terjadi jatuhnya korban jiwa. (wht).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: