"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Wednesday, 6 May 2020

Antisipasi Dampak Covid-19, Buruh PDP Jember Tanam TOGA dan Umbi-umbian

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Antisipasi terdampak Covid-19, buruh PDP Kahyangan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Antar Kebun (FK-PAK) Jember tanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan umbi-umbian.

Mereka juga tanam  polo pendem (umbi-umbian) dan rempah-rempah.  "Ini juga untuk ketahanan pangan, antisipasi terjadinya krisis pangan, dampak pandemik Covid-19," kata Ketua FK- PAK Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Jember, Dwi Agus Budiyanto, Rabu (6/5/2020).

Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan dini terkait kecenderungan kebutuhan pangan yang terus meningkat. Setidaknya apabila buruh memanfaatkan lahan yang bisa produktif akan menekan biaya untuk kebutuhan pokoknya.

“Kebetulan karena ada lahan-lahan tidak terurus, kami bersihkan itu agar bisa difungsikan. Ada beberapa lahan teman-teman FK-PAK siap dikelolakan, seperti lahan di Wirolegi, dekat perumahan bukit permai dan dibelakang Roxi. Nanti kita tanami semua," jelasnya.

Dwi Agus berharap pemerintah juga memikirkan nasib para buruh PDP Kahyangan. Dia meminta pemerintah melakukan beberapa langkah konkret demi kelangsungan hidup mereka yang semakin hari terkatung-katung ditengah pandemik Covid-19.

"Harapan kami, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember peduli dan ikut memikirkan keberlangsungan perusahaan yang saat ini sedang mengalami kesulitan, ini demi kelangsungan dan keberlanjutan perusahaan dan ribuan buruhnya," tandasnya. (kur/eros).

Berita Terkait Perburuhan

No comments: