"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Wednesday, 13 May 2020

Wabup Jember; Narapidana Itu Perlu Sentuhan Rasa Kemanusiaan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Wabup, Drs KH Muqit Arief, Rabu, (13/5/2020) kembali melepas 27 narapidana Lapas Kelas IIA Jember yang masuk program asimilasi dari pemerintah pusat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember membekali kepulangan mereka dengan sejumlah uang saku untuk belanja kebutuhan serta sembako. Mereka juga diantar pulang dengan menggunakan kendaraan dari Pemkab Jember.

Uang dan sembako tersebut penting, karena ketika sudah sampai rumah, mereka masih belum bisa bekerja. Masih pula punya tanggungan ekonomi “Ini merupakan pendekatan kemanusiaan terhadap warga binaan, Kita sentuh rasa kemanusiaannya dan diorangkan”, katanya.

Pendekatan semacam itu, sangat berarti. Ini terbukti dari beberapa kali proses pemulangan hingga kini tidak ada tindak pidana yang dilakukan mereka. “Ketika mereka pulang dan membawa sembako dan sedikit uang belanja, setidaknya ada rasa percaya diri bagi,” tutur wabup.

Menurut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Jember, Yandi Suyandi, pelepasan narapidana yang bebas berkat program asimilasi itu jumlahnya hampir 250 orang. “Alhamdulillah tidak ada laporkan polisi yang menahan narapidana yang bebas berkat asimilasi,” terangnya.

Untuk itu Yandi Suyandi berharap masyarakat bisa merangkul lagi mantan narapidana itu. “Kepala desa bisa berkunjung ke rumahnya, untuk memantau langsung. Bagaimana pun juga itu adalah warga kita,” ujarnya. (eros).

Berita Terkait Pemerintahan

No comments: