"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Wednesday, 29 July 2020

Dinkes Jember, GAIN, CPHI, dan Udayana Latih Promosi Dasar Menyusui

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kepala Dinkes Jember dan GAIN Indonesia, Center for Public Health Innovation (CPHI), Fakultas Kedokteran Udayana gelar pelatihan promosi dasar menyusui.

Kegiatan lanjutan Workshop dan Pelatihan Kebijakan 10 LMKM di semua Rumah Sakit dan Puskesmas se- Jember secara online pada Selasa (21/72020) lalu ini dihadiri Kadinkes Jember dan para petugas promosi kesehatan / gizi dari masing-masing fasyankes

“Diharapkan para petugas promosi kesehatan / gizi ini punya pengetahuan dan keterampilan mempromosikan praktik menyusui dan pemberian ASI eksklusif kepada bumil, bersalin dan nifas,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes)  Jember, Dr Dyah Kusworini, SKM, M.Si Rabu (29/7/2020).

Selain itu untuk sharing, Sharing ilmu promosi dasar menyusui dan ASI eksklusif kepada petugas non-kesehatan seperti petugas administrasi, kasir, pramusaji, petugas kebersihan, dan petugas non-kesehatan lain menggunakan materi pelatihan yang telah diberikan,” lanjutnya.

Sekretaris Unit Center for Public Health FK Universitas Udayana, Putu Ayu Indrayathi, menyampaikan output pelatihan ini diharapkan untuk tenaga non kesehatan dapat meningkatkan jumlah tenaga Pomkes / gizi yang terlatih promosi dasar menyusui dan ASI Ekslusif” ujarnya.

Ada 4 materi, pelatihan dilakukan selama 2 hari 21-22 Juli 2020, Untuk pemateri Hari pertama disampaikan Edi Suroso, SKM dan Ir. Luki Mundiastuti, M.Kes tentang Peran Profesi Promosi Kesehatan Dalam Mendukung Program 10 LMKM dan ASI Eksklusif. 

Strategi Komunikasi Tenaga Non Kesehatan untuk Mempromosikan 10 LMKM dan ASI Eksklusif disampaikan Edi Suroso, SKM.  Materi Pentingnya ASI dan Menyusui, Pengetahuan Dasar Teknik Menyusui dan Cara Membantu Ibu untuk Menyusui disampaikan Ir. Luki Mundiastuti, M.Kes.

Pemaparan nara sumber cukup menarik, pasalnya disampaikan melalui game supaya pemberian edukasi tentang pentingnya ASI lebih mudah diterima. Kegiatan ini dapat antusiasme, pesertanya cukup aktif, dan dalam sesi tanya jawab. (eros).

Berita Terkait Pemerintahan

No comments: