"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Friday, 7 August 2020

Cegah Covid-19, Wartawan Dari FWLM Jember Bagikan Ratusan Masker Merah Putih

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Cegah Penyebaran Covid-19, para jurnalis dari FWLM Jember, Jawa Timur, Jumat (7/8/2020), membagikan masker merah putih kepada para pengguna jalan

Puluhan jurnalis dari berbagai platform media yang tergabung dalam Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember ini terlihat kompak membagikan ratusan masker kepada para pengendara di sekitar hotel 88, Jalan Diponegoro dan Gatot Subroto, Kaliwates.

Belum redanya pandemi asal kota wuhan Cina inilah yang memantik kepedulian insan pers kota carnaval ini. “Ada ratusan masker berbahan kain merah putih yang kami bagikan kepada para para pengguna jalan dan warga sekitar hotel 88” kata Ketua FWLM Jember Ihya Ulumiddin kepada para awak media, Jumat (7/8/2020).

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian para jurnalis terhadap kesehatan masyarakat, sekaligus juga menjadi ajang kampanye, agar masyarakat tetap melindungi dirinya, dengan selalu mengenakan masker, terutama ketika beraktivitas di luar rumah.

Pasalnya higga kini vaksin Covid-19 ini belum ada. “Maka, apa yang kami lakukan ini adalah kampanye guna menggugah kesadaran publik tentang pentingnya pencegahan,” jelas Alumni Fakultas Hukum Universitas Jember yang akrap disapa Udik ini.

Aksi sosial ini juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), ke 75. “Pembagian Masker merah putih ini sekaligus untuk mengingatkan kita semua akan jasa-jasa  pahlawan yang telah berjuang merebut merah putih”, jelasnya.

Acara  ini rangkaian Rapat Kerja dan Pelatihan SEO dan Media Sosial (Work Meeting & Search Engine Optimization And Social Media Training) FWLM Jember puncaknya, Sabtu (8/8/2020). Usai pelatihan, disambung rapat kerja organisasi.  “Semua tahapan menggunakan protokol kesehatan secara ketat. Petugas Pengawas Protokol Covid-19 juga mendampingi kegiatan ini,” tuturnya.

Pelatihan ini sifatnya internal. Harapannya, para anggota bisa jadi agen yang dapat mengedukasi publik tentang penggunaan medsos yang baik. Apalagi di saat pandemi, banyak informasi hoax di lini masa. “Pemahaman tentang itu akan menjadi bagian dari materi pelatihan,” jelasnya.

Pada training tersebut, FWLM Jember menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten. Seperti pengurus Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) wilayah Jawa Timur, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Jember, serta pegiat media sosial.

Bupati dr Faida MMR, Dandim 0824; Letkol Inf Laode M Nurdin dan Kapolres; AKBP Aris Supriyono, serta Kepala Diskominfo; Gatot Triyono juga dijadwalkan hadir sebagai narasumber. Mereka akan membahas tentang media sosial dan tantangan jurnalisme di masa pandemi.

Untuk itu Udik meminta para anggota FWLM punya perspektif sama dalam menyuguhkan informasi yang baik, seuai kode etik, baik proses maupun penyuguhannya, mengedukasi, bukan menakut-nakuti, wartawan juga harus berjiwa merah putih,” harapnya. (eros).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: