Translate

Iklan

Iklan

DKPP dan BKSDA Jember Lepas 40 Monyet Ekor Panjang ke Nusa Barong

8/16/20, 15:28 WIB Last Updated 2020-08-19T08:33:14Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. DKPP Pemkab Jember bersama KSDA Cabang Jember melepas 40 monyet ekor panjang ke habitat aslinya di pulau Nusa Barong, Kecamatan Puger.

“Monyet-monyet itu sebelumnya disita dari pekerja Topeng Monyet. “Kita kembalikan ke habitat aslinya, di alam bebas,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Nana Suminarsih, Minggu, (16/8/2020).

Hewan primata itu kemudian ditangkarkan di Cikole Lembang, Bandung, oleh JAAN (Jakarta Animal Aid Network), sebuah lembaga pecinta binatang khusus monyet selama dua tahun. “Setelah beradaptasi dengan lingkungannya, barulah dikembalikan ke habitatnya,” jelasnya.

Sebelum dilepasliarkan, dan dipastikan sehat, monyet-monyet itu diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan yang disediakan Pemkab Jember, 20 ekor monyet dilepas di Pantai Puger, Kecamatan Puger, sedang 20 ekor lainnya dilepas di Pantai Nyamplung Kobong, Kecamatan Gumukmas.

Pesan Nana, apabila ada orang yang mempekerjakan monyet tak semestinya, seyogyanya dikembalikan ke habitatnya. Pengembalian hewan itu bisa melalui kantor cabang Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jember atau melalui pecinta binatang setempat. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DKPP dan BKSDA Jember Lepas 40 Monyet Ekor Panjang ke Nusa Barong

Terkini

Close x