"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Sunday, 16 August 2020

Dandim Jember Canangkan One Koramil One WiFi Gratis Untuk Pelajar

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pembelajaran jarak jauh secara daring akibat pandemi Covid-19 dirasa memberatkan orang tua siswa terutama bagi yang tidak memiliki fasilitas internet.

Pasalnya dampak dari Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) sejak bulan Februari 2020 itu
mengharuskan pelajar untuk sementara waktu belajar dari rumah, sebagai upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus corona.

Untuk membantu penerus generasi bangsa agar bisa terus belajar dan tetap semangat mencari ilmu di tengah pandemi dan meringankan beban orang tua yang kesulitan membeli kuota. Dandim merasa terpanggil untuk menyediakan fasilitas WiFi gratis di masing-masing markas Koramil

Disitu juga akan disiapkan anggota yang bisa jadi pendidik mulai SD, SMP dan SMA, dan juga membuka rekan-rekan guru yang bisa memberi atensi, agar WiFi gratis ini jadi sarana fasilitas komunitas masyarakat yang tidak mampu untuk menyiapkan paket data.

Diakui atau tidak, pembelajaran daring ini memberatkan orangtua siswa karena harus membeli kuota internet. "Ini upaya kita membantu para pelajar mengerjakan tugas," ungkap Komandan Kodim 0824 / Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, Minggu, (16/8/2020).

Menurut mantan Dandim 0831 Surabaya Timur ini pada situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini dibutuhkan, kepedulian. “Kami sebagai aparat dalam hal ini kita memberikan WiFi gratis kepada masyarakat yang ada di seputaran koramil," katanya.

Program ini kata Laode, wujud kepedulian TNI terhadap dunia pendidikan, karenanya para siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran jarak jauh karena keterbatasan jaringan internet boleh mendatangi koramil untuk memanfaatkan fasilitas WiFi gratis.

"Untuk sementara sudah tersedia di Koramil Patrang, Melalui peringatan HUT RI ke-75 kita canangkan WiFi kemerdekaan, di masing-masing koramil ada One Koramil One WiFi. Sehingga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Jember," tuturnya.

Untuk itu pihaknya mempersilahkan kepada masyarakat untuk mempergunakan fasilitas WiFi gratis di masing-masing koramil untuk kegiatan belajar secara daring atau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh sekolah.

"Kita akan memberikan support kepada masing-masing koramil, di seluruh kecamatan bisa membantu meringankan baban masyarakat dalam hal belajar online. Mudah-mudahan program ini  bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Shintia Fadia Rahmadhani, salah seorang siswa sekolah dasar Jember Lor 5 menyambut gembira program WiFi gratis di koramil. Pasalnya, setiap hari dirinya harus online untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah.

"Saya senang disini dapat WiFi gratis. Sekarang internetan semakin mudah dengan datang ke koramil mengakses WiFi untuk belajar online maupun ketika mengerjakan tugas sekolah. Kami juga diajari bapak tentara, belajar di koramil sudah 2 mingguan ini," ujarnya.

Untuk diketahui, guna mencegah penyebaran Covid-19, fasilitas penunjang protokol kesehatan pun telah disediakan dan siswa wajib menerapkannya dengan disiplin saat pembelajaran berbasis online dilakukan. (kur/eros).

Berita Terkait TNI

No comments: