Translate

Iklan

Iklan

Kehadiran Pangdam V Brawijaya Disambut Tangis Haru Penerima Rutilahu TMMD Jember

3/23/21, 21:39 WIB Last Updated 2021-03-23T14:39:47Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto Selasa (23/3/2021) tinjau lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 Jember.

Pangdam, didampingi Danrem 083/Baladika Jaya Kolonel Inf Irwan Subekti dan Dansatgas TMMD Letkol Inf La Ode M Nurdin, berkesempatan menyapa janda dan lansia di Posko utama, dusun Sumberlanas timur, Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, dengan memberikan paket sembako.

Dalam kesempatan itu  Mayjen TNI Suharyanto memaparkan, TMMD dilaksanakan sejak tahun 1980 yang sudah 42 tahun, berawal dengan sebutan ABRI Membangun desa yang dilaksanakan dua kali dalam setahun, dan kali ini disebut TMMD ke 110.

"TMMD ini kelanjutan program 42 tahun silam, tujuannya membantu pemerintah daerah untuk percepatan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melestarikan budaya gotong royong dan kemanunggalan Tni-rakyat demi kepentingan negara," jelasnya.

Kodam V/ Brawijaya melaksanakan program TMMD ke 110 tahun 2021 yang dimulai sejak 02 Maret 2021 hingga 31 Maret 2021, ada 5 Kodim, selain di Kodim 0824/Jember  yakni, Kodim 0801/Pacitan, 0813/Bojonegoro, Kodim 0822/Bondowoso, Komdim 0827/Sumenep.

"Dengan tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negri,  merupakan cara TNI AD mengajak seluruh komponen bangsa bersama membangun bangsa. Terutama dalam hal yang belum tersentuh oleh program pemerintah dan membutuhkan upaya percepatan pembangunan, " bebernya.

Sasaran TMMD Jember, yaitu fisik dan non fisik, berupa pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu) dan pembangunan Jamban maupun (Mandi, Cuci dan Kakus) MCK, dan pos keamanan lingkungan (Pos Kamling), yang dikerjakan secara gotong-royong TNI bersama Masyarakat.

"Seperti yang telah kita lihat bersama rumah Pak Imam yang sebelumnya memprihatinkan dengan dinding bambu dan lantai tanah, berkat program TMMD yang dikerjakan dengan gotong-royong menjadikan rumah layak huni bersih dan lebih sehat, " lanjutnya.

Dandim, Letkol Inf La Ode M Nurdin menambahkan, kegiatan non fisik, meliputi pelayanan kesehatan, adminduk, pendidikan, keagamaan, dan pemberdayaan ekonomi. "Untuk fisik di beberapa titik sudah 100 %, karena telah dilaksanakan Pra TMMD selama 2 pekan," jelasnya.

Sedang Fisik berupa Rutilahu, 20 rumah dan Program jambanisasi; 20 buah, Pos Kamling dan Musholla. "Seluruh sasaran diharapkan dapat terpenuhi 100 % pada saat penutupan tanggal 31 Maret 2021 mendatang, " tutup pris lulusan Akmil tahun 2001 ini.

Salah satu penerima manfaat Rutilahu Iman (65), Warga Dusun Sumberlanas, Desa Harjomulyo, tampak meneteskan air mata dan memeluk Mayjen TNI Suharyanto dengan mengucapkan banyak terima kasih, telah mewujudkan impian nya merenovasi rumah menjadi lebih baik.

"Terima kasih pak Jenderal, telah mewujudkan impian keluarga kami, berkat TMMD rumah yang sudah bertahun-tahun kami huni yang sebelumnya dinding bambu dan lantai tanah sekarang berubah menjadi sangat bagus. " ungkapnya didampingi istrinya Husnah.  (wht).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kehadiran Pangdam V Brawijaya Disambut Tangis Haru Penerima Rutilahu TMMD Jember

Terkini

Close x