Translate

Iklan

Iklan

Kiat Pengusaha Kue di Jember Untuk Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19

4/20/21, 20:05 WIB Last Updated 2021-04-20T13:05:16Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan melululantahkan berbagai sendi-sendi ekonomi, tidak terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jember.

Agar bisa bertahan, mereka harus berinovasi. Salah satunya Sentot Pujiono (44), produksen Kue Kucang kering Ayub Asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Mayang ini menuturkan kiat agar usahanya masih bertahan bahkan bisa menampung para korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Diakui, akibat pandemi, permintaan kue menurun drastis.  Meski demikian tidak membuatnya berhenti untuk  meningkatkan usahanya, bahkan  semakin terpacu untuk melakukan inovasi dengan berbagai pola pemasaran  hingga di Media Sosial (Medsos) dan Instagram (IG) serta Grup WhatsApp.

“Alhamdulillah, jajan olahan rumahan  ini disambut baik oleh pasar karena dengan harga murah renyah untuk sandingan (Camilan) kumpul bersama keluarga dikala pemerintah melarang mudik dan keluar kota," tutur Sentot Pujiono, saat didatangi di tempat produksinya,  Selasa (20/4/2021)

Dari jenis yang diproduksi, Original, monde, pandaan, miccoklat, janda genit (Monde Susu), yang mempekerjakan 30 warga sekitar menghabiskan bahan dasar, tepung 30 sak/25 kilo gram, minyak 20 dos kemasan 18 liter, gula 2 kwintal, dan Kacang 1.5 kwintal setiap harinya.

"Dalam satu hari kita dapat memproduksi 35 koli original dengan satu kuli (40 toples) dengan harga jual Rp 7.720, 000, kotor Rp 25.200.000, belum dipotong ongkos tenaga dan bahan dasar. Untuk pasar kita kirim ke Jawa dan Bali.  "Jelasnya.

Namun demikian dirinya berharap Dukungan pemerintah  agar UMKM di Jember bisa bertahan. “Kami bisa diajak mengikuti pameran untuk mengenalkan produk lokal. Hal ini sangat membantu sekali dalam pemasaran produk, agar usaha kami bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat,” pungkasnya. (wht).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kiat Pengusaha Kue di Jember Untuk Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19

Terkini

Close x