Translate

Iklan

Iklan

Atraksi Cimande Awali Pertemuan Kesepakatan Damai Para Pesilat se- Jember

6/09/21, 19:33 WIB Last Updated 2021-06-09T12:33:25Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Suprapto, pesilat dari Perguruan Silat Cimande tampilkan jurus tunggal Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di depan Bupati Jember Hendy Siswanto.

Pemuda asal Desa Sumberrejo, kecamatan Ambulu ini memainkan jurus silat dengan lues di acara penandatanganan Nota Kesepakatan bersama Perguruan Silat se-kabupaten Jember di di Pendopo Wahya Wibawa Graha. Rabu (9/6/2021).

Suprapto juga memainkan golok dan Toya (Tongkat dari rotan) dengan lincah. "Hampir sepuluh tahun tidak melakukan atraksi, alhamdulillah masih tetap bisa melakukan gerakannya sampai selesai, walaupun dengan nafas terengah-engah," ujarnya.

Menurutnya, jurus tersebut merupakan jurus wajib yang harus dimiliki oleh semua perguruan silat di Indonesia, dan biasanya dipertandingkan di tingkat Nasional. "Biasanya jurus itu di pertandingkan dalam even pencak silat resmi," tambah pria yang kerap disapa Shodiq ini.

Ia mengaku, bangga atas kesempatan yang diberikan dari Perguruannya, supaya tampil di depan Pimpinan daerah Kabupaten Jember. "Alhamdulillah saya masih diberikan kepercayaan, meskipun tidak begitu sempurna, tetapi bisa selesai," ucapnya.

Bupati Jember Hendy Siswanto menuturkan bahwa pengambilan langkah ini adalah sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap dunia persilatan. "Karena pencak silat harus lestarikan, dan akan dikembangkan, ada sekitar 30 Perguruan silat di  Jember ini sangat hebat sekali,"  terangnya

Namun, Hendy berpesan supaya semua organisasi silat tersebut harus bersatu, agar iklim Investasi bisa meningkatkan dengan baik. "Pecak silat tidak boleh hanya tentang bela diri, tetapi harus bisa menggerakkan ekonomi," harapnya. (Naw).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Atraksi Cimande Awali Pertemuan Kesepakatan Damai Para Pesilat se- Jember

Terkini

Close x