Translate

Iklan

Iklan

Penyuluhan Gizi Tentang Diet Pada Penderita Covid-19 Yang Melakukan Isoman Melalui “Bisik”

10/08/21, 18:52 WIB Last Updated 2021-10-08T11:55:30Z

 Oleh : Fitria Nur Rahmi, S.Gz

Coronavirus Disease (Covid-19) telah dinyatakan oleh WHO sebagai pandemi dan di Indonesia juga telah dinyatakan sebagai bencana non alam berupa wabah penyakit yang wajib dilakukan upaya penanggulangannya. Pada kondisi pandemi ini salah satu pelayanan kesehatan yang dibutuhkan adalah penyuluhan gizi tentang pengaturan diet pada penderita Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri. Isolasi mandiri dilakukan karena adanya keterbatasan kemampuan fasilitas pelayanan kesehatan untuk memberikan pelayanan yang optimal. Isolasi mandiri ini ditujukan untuk penderita Covid-19 tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan.

Kondisi pandemi menyebabkan hampir seluruh aktifitas manusia dianjurkan untuk dilakukan secara virtual. Penyuluhan gizi pada penderita Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri dilakukan melalui media sosial Whatsapp (WA). Kegiatan tersebut dikemas dengan nama “BISIK” (Bincang Asyik). Penyuluhan Gizi ini dilakukan pada sebuah kelompok Posyandu yang beranggotakan 90 orang. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari wilayah seluruh Indonesia. Durasi waktu kegiatan adalah 1,5 jam sampai 2 jam. Narasumber menyampaikan materi dengan media slide. Kemudian diberikan kesempatan tanya jawab. Kegiatan tersebut menjadi sangat interaktif karena materi tersebut memang sangat dibutuhkan dan anggota posyandu tersebut memiliki antusiasme yang tinggi.

Keberhasilan kegiatan “BISIK” tersebut bisa dilihat dari hasil pre-tes post-tes yang dilakukan. Terdapat peningkatan pengetahuan gizi sebesar 90,9% dari 67 peserta yang mengikuti pre-tes dan post-tes. Sebanyak 60 orang mengalami peningkatan nilai, sedangkan sisanya tidak mengalami peningkatan (tetap).

Kegiatan “BISIK” yang sebenarnya telah digagas sejak 2019 ini sebelumnya dilakukan dengan daring maupun luring. Sejak pandemi kegiatan ini dilaksanakan penuh secara daring. Kegiatan ini sangat terasa efektifitasnya dilakukan di masa pandemi. Diharapkan ke depannya “BISIK” bisa menjadi sebuah kegiatan rutin dan bisa dikembangkan dengan berbagai inovasi yang mungkin muncul sesuai kondisi, termasuk kemungkinan untuk diajukan mendapat dana CSR (Corporate Social Responsibility).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penyuluhan Gizi Tentang Diet Pada Penderita Covid-19 Yang Melakukan Isoman Melalui “Bisik”

Terkini

Close x