Iklan

Iklan

Seluruh Fraksi DPRD Akhirnya Setujui Perubahan APBD Jember 2021

10/09/21, 19:35 WIB Last Updated 2021-10-09T13:32:22Z

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Meski  sebelumnya sempat menuai kritik, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan (P-APBD) Jember Tahun Anggaran (TA) 2021 akhirnya disetujui.

Menurut, Juru Bicara (Jubir) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mufid, Pemerintah ingin memprioritaskan 4 hal. Yakni, refocusing untuk penanganan pandemi Covid-19, penuntasan program kegiatan yang dipastikan dapat tercapai dan berdampak langsung kepada pelayanan publik.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) juga mengoptimalisasi belanja modal sebagai daya dukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. "Dengan belanja prioritas dan strategis yang keberlanjutan untuk kesiapan pelaksanaan program tahun 2022,"  ujarnya, Sabtu (9/10/2021).

Untuk itu Fraksi PKB setuju, karena dapat menekan angka pengangguran saat pandemi ini.  "Kami berharap tak hanya memberi bansos, tetapi memberi kail bukan ikan. Salah satunya melalui program pembangunan infrastruktur yang padat karya dan melibatkan masyarakat setempat," katanya

Jubir Fraksi Nasdem David Handoko Seto meminta OPD kerja lebih ekstra. Karena mereka saat ini dapat penghasilan, 2-3 kali lipat dari sebelumnya. "Jadi, bila tidak bisa bekerja untuk mewujudkan visi-misi Bupati agar segera menghadap dan mengajukan surat pengunduran diri," jelasnya.

Namun demikian masih ada sejumlah catatan dari sejumlah fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), salah-satunya disampaikan Hadi Sufaat, juru bicara fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, karena waktunya terlalu mepet, perlu dikonsultasikan dulu kepada Gubernur Jatim

Konsultasi kepada Gubernur Jatim  itu menurut Hadi, perlu dilakukan. Karena Fraksi PDI Perjuangan masih meraragukan apakah pembahasan P-APBD 2021 ini nanti bisa dilanjutkan, mengingat  sudah melewati batas akhir yaitu tanggal 30 September 2021” katanya.

Menurut Wakil Ketua DPRD Jember Agus Sofyan bahwa rapat paripurna diikuti oleh 23 Legislatif melalui Vidio conference, sementara yang mengikuti di ruang persidangan sebanyak 18. "Jadi rapat paripurna ini diikuti oleh  41 orang dari total 50 anggota dewan," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman mengucapkan terima kasih atas masukan semua Fraksi, terhadap nota pengantar Raperda P-APBD. "Tentunya, semua pandangan dari semua Fraksi akan kami respon sebaik mungkin," tanggapnya. (naw/yond).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Seluruh Fraksi DPRD Akhirnya Setujui Perubahan APBD Jember 2021

Terkini

Close x