Translate

Iklan

Iklan

Atlet Tarung Derajat Jember Jaga Performa Selama Ajang Porprov 2022

7/02/22, 13:08 WIB Last Updated 2022-07-02T06:08:00Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Atlet Tarung Derajat Jember tetap menjaga penampilan terbaiknya selama pertandingan Porprov Jatim Ke-VII 2022 di GOR PKPSO Kaliwates Jember. 

Meski dalam beberapa kelas, atlet Jember mengalami kekalahan, pertarungan yang  sehat, dan menjaga sportifitas menjadi modal besar dalam menjaga nama baik sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Jawa Timur (Porprov) Jawa Timur.

Sebagaimana diketahui, bahwa dalam cabang olahraga (cabor) ini, tercatat ada sekitar 180 petarung dari 20 daerah dari 38 kota/kabupaten di Jawa TImur yang beradu kelihaian sejak 29 Juni hingga 3 Juli 2022. 

Mereka bertanding dalam 18 kelas, rincian terdiri dari 5 kelas tarung putri dan 9 kelas tarung putra. Sisanya, dipertandingkan 4 kelas seni gerak. Mereka memperebutkan 18 emas, 18 perak, dan 32 perunggu.  

Puluhan atlet Tarung Derajat Jember yang turun dalam berbagai kelas sudah mempersiapkan diri dalam latihan terpusat dan menjalani sesi pertandingan pra Porprov. Apalagi Jember sebagai tuan rumah, itu menjadi motivasi besar untuk meraih target maksimal.

“Tentu, target terbaik harus kami capai, meskipun tim dari Kabupaten lain di Jawa TImur juga berusaha maksimal meraih juara,” kata  Ketua Umum Kodrat Jember Haryu Islamudin yang juga Ketua Porprov Tarung Derajat di Jember ini, Sabtu, (2/7/2022).

Berdasarkan pantauan di lapangan, ratusan atlet yang bertarung di GOR PKPSO Kaliwates sejak 29 Juni 2022, terlihat bersemangat dan sportif dalam menjalani pertandingan. Dengan setting arena pertandingan yang berstandar nasional dan didukung dengan wasit/ juri yang profesional, pertandingan berlangsung faiplay.

Para suporter juga tertib selama pertandingan. Diantara, nomer cabor tarung derajat yang dipertandingkan, 45-49 kg putra; 49,1-52 kg putra; 52,1-55 kg putra; 55,1-58 kg putra; 58,1-61 kg putra; 61,1-65 kg putra; 65,1-69 Kg putra; 40-45 kg / putri; dan 45,1-50 kg / putri.

Selain 14 kelas utama  dipertandingkan, ada 4 kelas seni gerak yang dikompetisikan. Diantaranya, nomer Seni Gerak Gharang Putra, Seni Gerak Ranger Putra, Seni Gerak Ranger Putri, dan Seni Gerak Getar Campuran.  

Sebagai catatan, ajang Porprov untuk cabong Tarung Derajat ini menjadi perebutan performa sejumlah tim yang berambisi meraih juara. Diantaranya, kontingen tarung derajat Lamongan yang pernah menyandang gelar juara umum pada Porprov VI/2019.

Selain itu, kontingen  Kabupaten Kediri yang pernah juara umum Kejurprov di Kediri. Dan, jawara Kejurprov sebelumnya, yakni  Sidoarjo dan  Surabaya adalah lawan tidak ringan bagi kontingen tuan rumah Jember.

Pelatih senior atlet Tarung Derajat Jember Andi Amin menegaskan sudah berusaha maksimal untuk bertanding agar meraih hasil terbaik.  Hal ini dibuktikan pemusatan  latihan pra Porprov, yakni para atlet berlatih secara ketat, mulai dari pemanasan, penguatan skil bertarung, hingga latihan tanding dengan sesama atlet sesuai dengan nomor yang dipertandingkan.

Pemusatan latihan ini untuk mendisiplinkan atlet dalam meningkatkan performa skill, seperti tendangan agar mampu mengalahkan lawan tandingnya. “Dan, yang penting, kita tampilkan pertandingan terbaik,” katanya.  (*)

Keterangan Foto: Jaga Performa: Ketua Kodrat Jember Haryu Islamudin memotivasi atlet  tarung derajat Jember agar menjaga performa terbaik dalam pertarungan tarung derajat selama perhelatan Porprov Jatim 28 Juni-3 Juli 2022.Jaga Sportifitas: Suasana pertandingan cabor Tarung Derajat  dalam ajang Porprov 2022 di GOR PKPSO Kaliwates yang berlangsung 29 Juni-3 Juli 2022.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Atlet Tarung Derajat Jember Jaga Performa Selama Ajang Porprov 2022

Terkini

Close x