Translate

Iklan

Iklan

Atlet Tarung Derajat Jember Sumbangkan Satu Emas dan Satu Perunggu di Ajang Porprov Jatim

7/04/22, 12:38 WIB Last Updated 2022-07-04T05:38:43Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Tampil Optimal, Cabang olahraga (cabor) Tarung Derajat Jember akhirnya berhasil meraih 1 emas dan satu perunggu di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim ke-VII yang berakhir 3 Juli 2022.

Keberhasilan Tim Tarung Derajat Jember meraih satu emas dari kelas seni rangkaian gerak putri dan 1 perunggu diraih dari seni gerak tarung putra ini, menambah perolehan mendali untuk kontingen Kabupaten Jember yang meraih total 17 emas, 9 perak, dan 30 perunggu

Kontingen Kabupaten Jember sendiri masuk 10 besar perolehan medali dengan total 116 dari 38 Kota/Kabupaten di Jawa Timur yang ikut berkompetisi dalam berbagai cabor di Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo sebagai tuan rumah.

Untuk diketahui, target atlet Tarung Derajat Jember meraih jawara di ajang  Porprov tahun ini belum membuahkan hasil. Tim Kabupaten Jember harus mengakui kekuatan dan keunggulan tim Kabupaten Kediri, Kabupatan Sidoarjo, Kota Kediri, dan atlet Kota Malang yang dinobatkan sebagai juara umum I, juara umum II, dan juara umum III.

Dalam pertandingan yang berlangsung di GOR PKPSO Kaliwates Jember sejak 29 Juni hingga 2 Juli 2022, Kontingen Kabupaten Kediri meraih 4 emas, 3 perak, dan 3 perunggu dengan total  poin 25 sehingga ditahbiskan sebagai juara umum I.

Kabupaten Sidoarjo dan Kota Kediri ditetapkan sebagai juara umum II dengan raihan poin yang sama, yakni 18 dengan 3 emas, 1 perak, dan 4 perunggu. Juara umum III diraih Kota Malang dengan perolehan 1 emas, 5 perak, dan 1 perunggu dengan total raihan 15 poin. Tim Jember sendiri harus puas dengan 1 emas dan 1 perunggu dengan total raihan poin 5.

Kekuatan kontingen peraih Juara umum I, II, dan III ini mampu menahan tim lain yang diprediksi bakal meraih juara umum. Diantaranya, kontingen Surabaya meraih 1 emas, 2 perak, dan 5 perunggu dengan total 13 poin. Kabupaten Lamongan yang dalam Porprov VI/ 2019 menjadi juara umum, juga harus puas dengan raihan 1 emas, 1 perak, dan 4 perunggu (10 point).

Berdasarkan informasi di lapangan, cabang olahraga (cabor) tarung derajat ini  diikuti sebanyak 180 petarung dari 20 daerah dari 38 kota/kabupaten di Jawa TImur.  Mereka bertanding dalam 18 kelas, rincian terdiri dari 5 kelas tarung putri dan 9 kelas tarung putra. Sisanya, dipertandingkan 4 kelas seni gerak. Mereka memperebutkan 18 emas, 18 perak, dan 32 perunggu.

Ketua Umum Kodrat Jember Haryu Islamudin mengatakan, raihan 1 emas dan 1 perunggu menjadi  beban berat tim tuan rumah dan akan menjadi evaluasi total bagi performa atlet Kodrat Jember kedepan. Pada sisi lain, kekuatan kontingen peraih juara umum mampu menampilkan pertandingan terbaiknya.

“Kami sudah berusaha optimal menyajikan performa terbaik agar atlet berhasil meraih jawara. Tapi, hasilnya masih seperti ini, kami sportif mengakui kontingen lain memang tampil lebih baik,” Haryu yang juga Ketua Porprov Tarung Derajat di Jember ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ratusan atlet yang bertarung di GOR PKPSO Kaliwates sejak 29 Juni 2022, terlihat bersemangat  dan sportif dalam menjalani pertandingan. Dengan setting arena pertandingan yang berstandar nasional dan didukung dengan wasit/ juri yang profesional, bertandingan berlangsung faiplay. Para supporter juga tertib selama pertandingan berlangsung.

Sebagai catatan, ajang Porprov untuk cabong Tarung Derajat di Jember ini menjadi perebutan performa sejumlah tim yang berambisi meraih juara. Diantaranya, kontingen tarung derajat Lamongan yang peranh menyadang gelar juara umum pada Porprov VI/2019. Selain itu, kontingen  Kabupaten Kediri yang pernah juara umum Kejurprov di Kediri. Dan, jawara Kejurprov sebelumnya, yakni  Sidoarjo dan  Surabaya adalah lawan tidak ringan bagi kontingen tuan rumah Jember.

Pelatih senior atlet Tarung Derajat Jember Andi Amin menegaskan raihan 1 emas dan 1 perunggu merupakan antiklimaks dari perjuangan atlet Jember dalam meraih target besar menjadi jawara. Sebab, sebelumnya para atlet telah menjalani pemusatan  latihan pra Porprov, yakni para atlet berlatih secara ketat, mulai dari pemanasan, penguatan skil bertarung, hingga latihan tanding dengan sesama atlet sesuai dengan nomer yang dipertandingkan.

Pemusatan latihan ini untuk mendisiplinkan atlet dalam meningkatkan performa skill, seperti tendangan agar mampu mengalahkan lawan tandingnya. “Kami sudah berusaha optimal menampilkan pertandingan yang terbaik. Ya, inilah yang berhasil kami persembahkan untuk Jember,” ujarnya. (*)

Keterangan foto:

Peraih EMAS: Ketua Kodrat Jember Haryu Islamudin (batik) bersama atlet putri peraih emas, yakni  Zidni Ilma Chofsoh,  Fairus Tsania Choirunnisa' Arif, dan Finda Rahma Wulandari.

Jaga Sportifitas: Ketua Kodrat Jember Haryu Islamudin (batik) bersama atlet peraih perunggu untuk kelas seni gerak tarung putra, yakni  M. Ja'far Sodik dan M. Farhan abi Firmansyah.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Atlet Tarung Derajat Jember Sumbangkan Satu Emas dan Satu Perunggu di Ajang Porprov Jatim

Terkini

Close x