Translate

Iklan

Iklan

Waaster Kasdam V Brawijaya La Ode M Nurdin Raih Gelar Doktor Ilmu AdministrasiFisip Unej dengan Predikat Kumlaode

7/13/23, 23:00 WIB Last Updated 2023-07-13T17:53:13Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Berkat ketekunan dan kegigihannya menyelesaikan studi kurang tiga tahun. Waaster Kasdam V/Brawijaya, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin resmi sandang gelar doktor dengan predikat kumlaode.

Gelar doktor Program Studi Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  (Fisip) Uneversitas Jember (Unej) ini resmi disandang usai berhasil menyelesaikan ujian terbuka disertasinya dengan judul Program Deliberatif Dalam Optimalisasi Implementasi Kebijakan Bela Negara di Jember dengan baik.

Kebijakan bela negara yang inovatif berbasis partisipasi telah membuktikan efektivitasnya dalam mengubah sikap dan perilaku masyarakat secara konstruktif dalam berbela negara, meskipun fenomena makro menunjukkan masih belum optimalnya implementasinya secara nasional.

Keterlibatan masyarakat dan kelembagaan, yaitu pejabat, Bupati, Kapolres, Dandim, tokoh agama dan pemuda serta mayarakat yang dimulai dari perencanaan hingga evaluasi itu sangat penting.” Jelas Mantan Dandim 0824 Jember usai acara  di ruang Aula Lantai 2 FISIP Unej Kamis (13/7/2023).

Informasi  media ini bahwa, pridikat Kumlaode yang yang diterima Dr. La Ode M Nurdin ini, merupakan yang ke empat, tidak hanya itu bahkan ucapan karangan bunga ini, kata salah-satu petugas adalah jumlahnya mencapai hingga ratusan, yang terbanyak semenjak berdirinya fakultas ini.


Menurut Laode, kegiatan itu perlu dilakukan setiap hari atau setiap Minggu sesui slogannya  yaitu ‘One day atau One Week’ melalui cangkruan dengan kelompok tani, pedagang, nelayan, pelajar dan sebagainya. “Yaitu  one day one  man, One pesantren, one dor “Artinya Dor to dor, merasakan apa yang menjadi permasalahan masyarakat”, Jelasnya.  

Misalnya pelajar itu disentuh, harus diajak, untuk dia memiliki wawasan kebangsaan,  one day one scull atau one week one skol, Pak dandim, pak bupati bisa memjadi irup di sekolah-sekolah tersebut, bisa menjadi motifator, ataupun memberikan wawasan kebangsaan.

“Jadi kebijakan ini harus terkolaborasi, tersinergitas, tidak bisa jalan sendiri-sendiri, butuh konsistensi dari seluruh stakeholder, baik pemerintah, Tni – Polri fsn tokoh-tokoh agama seperti NU – Muhammadiyah, FKUB, MUI dan lainnya, Bagaimana gererasi muda, harapan bangsa ini terjaga dan terpelihara agar memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air”. harapnya.

Pantauan media ini bahwa dalam sidang disertasi terubka Dr bertindak sebagai Ketua Sidang ujian terbuka disertasi ke-47 adalah . Djoko Poernomo.  Drs. Supranoto, Ph.D. Prof. Bambang Soepeno selaku promotor, Dr. Edy Wahyudi dan Dr. Dina Suryawati selaku co-promotor.

Adapun tim penguji adalah Prof. Bambang Supriyono (Dosen Universitas Brawijaya), Dr. Falih Suaedi (Dosen Universitas Airlangga) sebagai tim penguji luar. Sedangkan Penguji Utama, Drs. Supranoto, Ph.D. Sementara dua tim Penguji Anggota Prof. Zarah Puspitaningtyas dan Suyani Indriastuti, Ph.D.

Turut hadir pula keluarga calon doktor dan Bupati Jember Hendy Siswanto, Kepala Kejaksaan Negeri Jember I Nyoman Sucitrawan, Ketua PN Jember I Wayan Gede Rumega, Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, Mantan Bupati Jember dr Faida didampingi oleh Abdul Rahim.

Tidak ketinggalan, Pakar Komunikasi Dr. Aqua Dwipayana, Kepala Organisasi Daerah (OPD) Kabupaten Jember, tokoh masyarakat dan tokoh agama, baik NU/Muhamadyah serta kerabat kerja maupun mitra kerja dari Jember- Surabaya maupun para tamu undangan lainnya.  (eros).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Waaster Kasdam V Brawijaya La Ode M Nurdin Raih Gelar Doktor Ilmu AdministrasiFisip Unej dengan Predikat Kumlaode

Terkini

Close x