Translate

Iklan

Iklan

Inisiasi Penyediaan Makanan Sehat, Dosen Polije latih Pembuatan Healthy Frozen Food di Teaching Factory NCC

9/10/23, 12:02 WIB Last Updated 2023-09-10T05:02:35Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kurangnya konsumsi buah dan sayur serta protein hewani jadi penyebab berbagai masalah kesehatan yang sering ditemui di masyarakat Indonesia saat ini.

Hal ini menjadi alasan dilakukannya pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pembuatan healthy frozen food di Teaching Factory Nutrition Care Center (NCC) Politeknik Negeri Jember (Polije). Kegiatan ini diketuai Dahlia Indah Amareta, S.KM., M.Gizi. dengan anggota Galih Purnasari, S.Gz., M.Si, Yoswenita Susindra, S.ST., M.Kes, dan M. Rizal Permadi,  S.Gz., M.Gizi.

NCC merupakan TeFa yang bergerak dalam bidang pelayanan gizi. Selama ini kegiatan NCC terutama pada layanan pengukuran status gizi dan konsultasi gizi yang didukung oleh Ahli Gizi Polije dan NCC Student Forum.

Kegiatan diawali dengan pembuatan popsicle (es lilin) dari buah asli, pembuatan dimsum dan analisis usaha frozen food. Pemilihan produk tersebut bukan tanpa dasar. “Mengkonsumsi buah 2-3 porsi sehari yang menjadi anjuran dalam Pedoman Gizi Seimbang akan semakin mudah kita penuhi, selain itu dimsum yang terbuat dari olahan ayam, udang, dan sayuran juga mendukung kampanye “Protein Hewani Cegah Stunting”, jelas Dahlia.

NCC Student Forum, sebagai target sasaran kegiatan pengabdian ini menyimak dengan antusias penjelasan dari narasumber Ir. Rindiani, M.P. dari Program Studi Gizi Klinik Jurusan Kesehatan Polije, serta Irada Citra Navila, S.ST alumni  Polije yang sukses menjadi pelaku UMKM selama 5 tahun terakhir. Pelatihan yang dilakukan 16-17 Agustus 2023 tersebut semakin menarik karena NCC Student Forum langsung melakukan praktik pembuatan dan pengemasan produk.

Saat ini tim pelaksana pengabdian sedang dalam proses pendampingan untuk keberlangsungan usaha agar berjalan lebih stabil. Pemantauan dan pendampingan terkait stok produk, alur kas, media edukasi dan promosi serta strategi marketing diharapkan akan membuat usaha Healthy Frozen Food and Drink di NCC menjadi lebih berkembang. 

Ke depannya NCC akan mengembangkan layanannya menjadi penyedia catering makanan sehat, sehingga ketrampilan dan kemampuan wirausaha yang diperoleh NCC Student Forum dari pelatihan ini tentu akan menjadi cikal bakal untuk tercapainya milestone tersebut, jelas apt. Zora Olivia, S.Farm., M.Farm selaku Kepala NCC. (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Inisiasi Penyediaan Makanan Sehat, Dosen Polije latih Pembuatan Healthy Frozen Food di Teaching Factory NCC

Terkini

Close x