Translate

Iklan

Iklan

Bupati Bondowoso Bertekad Kembangkan Sektor Pertanian

2/04/13, 19:00 WIB Last Updated 2013-12-08T18:24:04Z
Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Keseriusan Pemkab Bondowoso untuk mengembangkan sektor pertanian dibuktikan Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said Husni, dengan memberikan perhatian penuh terhadap Gapoktan.

Langkah nyata itu diperlihatkan dengan cara memberikan bantuan belasan kendaraan roda empat dan puluhan handtracktor kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di wilayah kabupaten Bondowoso.

Menurut Amin Said Husni, Gapoktan merupakan suatu forum pertemuan antara sesama kelompok tani untuk bertukar pikiran dan pengalaman tentang penerapan keterampilan maupun pengetahuan dalam rangka mengembangkan usaha tani melalui pengungkapan pengalaman, pemikiran, atau peragaan.

Bupati berharap melalui forum komunikasi Gapoktan ini bisa meningkatkan semangat dan motivasi masyarakat pertanian untuk mengembangkan pertanian lebih maju dan menyejahterakan rakyat. Ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya krisis pangan yang akan terjadi di masa depan.

“Hal ini perlu dilakukan untuk menuju swasembada yang kompetitif dan berkelanjutan, serta mendorong produk-produk unggulan menjadi primadona,” ujar Amin Said Husni Senin (4/1).

"Ada beberapa cara untuk dapat melakukan hal tersebut. Diantaranya dari segi perbaikan perencanaan yaitu penyempurnaan tata ruang wilayah, perbaikan infrastruktur, dan fokus pada komoditas unggulan dan kompetitif dengan pengembangan kawasan komoditas," ungkapnya.  

Bupati menambahkan, dari segi pembiayaan yang harus dilakukan adalah adanya keberpihakan pada agribisnis, perlunya pendirian bank pertanian, dan penguatan lembaga keuangan nonbank (koperasi dan LKM). Kemudian dari segi peningkatan produktivitas yaitu perlunya pengembangan sumber daya alam dan manusia yang kompeten.

Selain itu, diperlukan harmonisasi dan sinkronisasi kebijakan, yakni fokus, ringkas, jelas, tegas, dan konsisten. Serta adanya road map atau terintegrasinya hulu-hilir, fokus produk unggulan yang bernilai tambah tinggi. Juga adanya manajemen data yang akurat dan update. Sektor inilah yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDRB Kabupaten Bondowoso.  

Oleh karena itu hubungan antara desa dan kota dalam jalinan rural-urban linkage harus terjaga dalam mendukung pengembangan sektor pertanian. Rencana pengembangan lahan pertanian diarahkan dengan memperhatikan daya dukung lahan yang sinergi dengan rencana pengembangan jaringan irigasi di Bondowoso.

Upaya pengembangan lahan sawah untuk ketahanan pangan dan penambahan luasan kawasan lindung dilakukan dengan mengurangi luasan lahan kering dan mengalihfungsikan lahan kering menjadi sawah irigasi teknis serta kawasan perkebunan atau hutan rakyat. Selain kawasan pertanian, kawasan perkebunan juga menjadi salah satu faktor penunjang ekonomi. 

Sektor perkebunan di Bondowoso harus mampu melibatkan masyarakat secara aktif. Hal itu disebabkan karena kondisi geografis yang dominan perbukitan. Pengembangan sektor perkebunan akan bisa lebih optimal melalui penanaman tanaman semusim atau tahunan. Perkebunan tanaman semusim disesuaikan  dengan kondisi tanah, iklim dan cuaca hujan yang sesuai dengan jenis komoditas.  

Sementara untuk sektor peternakan, bupati mengaku bahwa setiap kecamatan memiliki komoditi ternak yang menjadi salah satu unggulan. Sehingga pengembangan sektor peternakan dijadikan sebagai salah satu prioritas pembangunan sebagai strategi pendorong perekonomian wilayah.  

"Peternakan yang dikembangkan masyarakat baik secara perorangan maupun kelompok merupakan embrio penentuan kawasan peternakan. Peningkatan usaha peternakan dilakukan dengan mengembangkan teknologi budidaya ternak dan usaha pengolahan hasil ternak,” ujarnya bupati.  

Sementara pengembangan sektor kehutanan merupakan sektor yang dimaksudkan untuk mengembangkan dan memberikan perlindungan terhadap kawasan di bawahnya dan memberikan jaminan terhadap kelestarian lingkungan hidup yang meliputi hutan produksi dan hutan rakyat di wilayah Bondowoso. (midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Bondowoso Bertekad Kembangkan Sektor Pertanian

Terkini

Close x