"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, April 18, 2013

Akibat Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Dan Kantor Kecamatan Terendam Air

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Akibat hujan yang sangat lebat kamis 18/04, sungai Rowo Tapen meluap. Akibatnya rumah warga dibeberapa desa dan kantor Kecamatan Kabupaten Jember Jawa Timur terendam  air.

Guyuran hujan selama kurang lebih  3,5 jam sejak jam 13.00 sampai jam 16.30 Wib membuat warga yang pemukimannya berdekatan dengan sungai, terpaksa harus meninggalkan rumahnya, pasalnya luapan air sungai merambah masuk kedalam rumah warga.

Seperti yang terjadi di dusun rowo tapen Rw 14 desa tanggul wetan sekitar jam 17.00 WIb, genangan air hingga mencapai ketinggian pinggang orang dewasa, tak ada koraban dalam kejadian ini, namun  perabotan rumah tangga dan elektronik banyak yang rusak.

Saat di konfirmasi, Raub yang rumahnya berada di wilayah rowo tapen mengatakan bahwasannya air meluap dan merambah kerumah warga sejak jam 17.00 wib “setelah turun dari sholat magrib, saya kaget mas, air semakin besar dan masuk kedalam rumah. Kisahnnya.

Lebih lanjut Raub menceritakan bahwa kejadian serupa sering kali terjadi, “Saya sudah terbiasa dengan kejadian seperti ini, tapi tidak seperti kali ini, ini mungkin kejadian luapan yang paling parah mas“ ungkap raub yang saat itu bersama keluarganya mengungsi di masjid.

Saat dikonfirmasi MAJALAH-GEMPUR.Com Kades tanggul Wetan $uwadi yang kebetulan berada tak jauh dari lokasi kejadian, membenarkan bahwa rumah warganya tergenang air . Menurutnya sudah ada sekitar 200 rumah yang terendam air.

Atas kejadian ini, Kades Tanggul Wetan ini langsung bertindak cepat dan menyalurkan bantuan berupa makanan, namun masih terkendala luapan air. “Saya sudah memerintahkan beberapa anak buah datang kelokasi untuk mendata dan segera dilaporkan. Jika keadaan sangat membahayakan kita juga sudah menyiapkan tempat untuk pengungsian “ ungkap nya

Debit air yang semakin tinggi inilah yang merepotkan penyaluran bantuan, untuk itu kita akan salurkan dengan menggunakan alat seadanya seperti perahu dari pohon pisang. Tambah Aba takur (Panggilan akrapnya Kades Tanggul Suwadi, sambil menunjukkan tumbukan mie instan dan beberapa makanan lainnya yang masih belum di salurkan.

Tampak bersama Aba Tangku di tengah tengah warganya yang sudah sejak sore telah menyelamatkan diri di sekitar jalan yang berada sekitar 1 kilo dari lokasi kejadian, muspika Tanggul dan muspika Semboro (Polsek, Koramil dan Camat, hanya camat Semboro saja yang masih belum tampak.

Luapan sungai semakin malam semakin besar, sehingga dusun sebelahnya, tepatnya Rt 2 Rw 27 dusun Semboro lor desa Semboro yang jaraknya sekitar 001 kilo dari lokasi juga tergenang air, puluhan rumah warga di dusun ini terendam mencapai lutut manusia dewasa.

Bahkan luapan air juga menggenangi pendopo kantor Kecamatan Semboro yang posisinya berada di wilayah dusun Semboro lor ini hingga tingginya mencapai ½ meter atau seukuran dengan lutut manusia dewasa. (yond/indra)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: