"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Minggu, 21 April 2013

Tiga Partai Politik, Daftarkan Calegnya di KPUD Jember

Jember. MAJALAH-GEMPUR.Com. Meski Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jember membuka pendaftaran sejak 9-22 April 2013, hari ini baru tiga dari 12 partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan calon  anggota legislatifnya.

Berdasarkan pantauan Gempur bahwa ketiga Parpol tersebut adalah Partai Hati Nurani Rakyat (Haruna), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI)  Perjuangan. Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang rencananya hari ini, batal mendaftarkan calegnya. Sedangkan untuk 9 Parpol lainnya akan mendaftarkan.

"Hingga hari ini masih tiga parpol yang sudah menyerahkan daftar nama bakal calonnya, untuk yang lainya mungkin masih besuk, karena batas akhir pendaftaran Senin (22/4) sesuai tahapan pemilu," tutur ketua KPUD Jember, Ketty Tri Styorini Senin (21/4).

Pendaftar pertama adalah Partai Hanura. 50 Caleg, dari partai pimpinan Wiranto ini, beramai-ramai datangi KPUD dengan mengendarai becak. Ada dua calon dari Daerah Pemilihan (Dapil) 5 (lima) Jember Partai Nomir urut 5 (lima) yang diduga masih PNS. Mayor Ali Mahdi. Ali dari TNI Angkatan Laut dan Siti Romlah, bidan dari Gumukmas. "Semua calon tersebut sudah mengajukan pengunduran diri" kata Ketua DPC Partai Hanura Jember Zaenal Laily.

Partai Gerindra, pimpinan Prabowo Subianto ini mendaftarkan calegnya serentak se Indonesia, tak terkecuali di Jember.  Partai dengan nomor urut 6 ini mendaftarkan pada urutan kedua. Sekitar jam 13.00 WIB perwakilan  pengurus dan puluhan caleg datangi ke KPUD. Ada 3 anggotata DPRD yang masih aktif dari partai lain (PKNU) yang diduga masuk daftar caleg Gerendra. 

“Mereka siap mengundurkan diri dan sanggup memenuhi persyaratan yang diminta KPU, namun jika ada calon yang tidak memenuhi persyaratan, kita sudah siapkan cadangannya”. Ungkap Satib, Ketua DPC Gerindara Jember.

Untuk pendaftar terahir dari Partai Pimpinan Megawati Sukarno Putri, PDI Perjuangan, Partai bernomor urut 4 (empat) ini datang sekitar jam 15.30 WIB, tampak hadir Wakil Ketua, Sekretarsi dan tiga anggota DPRD dari Partai tersebut. Sementara Ketua Cabang yang juga jadi wakil bupati jember Kusen Andalas tidak kelihatan.

Menanggapi caleg dari unsur PNS dan anggota DPRD dari partai lain Ketua KPUD Jember Ketty Tri Styorini menyampaikan bahwa jika mereka sudah mengundurkan diri dan persyaratannya sudah terpenuhi ya ndak masalah. “untuk sekarang kita hanya menirima berkas pendaftaran saja” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Hanan Kukuh Ratmono, Menurutnya, KPU sekarang hanya menerima berkas administrasi pendaftaran dari Parpol dari masing-masing caleg saja, “KPUD sekarang tidak memverifikasi berkas caleg, kita hanya menerima berkas administrasi apa saja yang sudah diserahkan oleh masing masing Caleg” Jelasnya.

Untuk menghindari kesimpang siuran, berkas yang diserahkan, menurut Komisioner yang Hobby Nge-Trial ini, Parpol harus mewakilkan LO (Perwakilan Parpol yang diberi mandat) untuk menyaksikan berkas apa saja dari masing-masing calegnya yang sudah diserahkan. (eros/nang).

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: