"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, December 23, 2013

Tembakau dan Cengkeh Bermanfaat Bagi Kesehatan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Tembakau dan cengkeh mengandung banyak komponen bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan, senyawanya berpotensi menjadi antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Bioaktif yang terkandung dari hasil pentanian tersebut seperti flavonoid dan fenol, senyawanya berpotensi menjadi antioksidan yang dapat mencegah kanker, antikarsinogen, antiproliferasi, antiinflamasi serta memberikan efek proteksi terhadap penyakit kardiovaskuler. Demikian disampaikan Dr Toto Sudargo (UGM) Dalam Seminar Nasional Tembakau Untuk Kehidupan di Ballroom Saphire Hotel Aston Jember Senin (23/12)

Bahkan Prof Subiyakto, diversifikasi produk turunan tembakau memberikan banyak manfaat yang tidak membahayakan bagi kesehatan manusia. Misalnya, bahan kimia dasar untuk pestisida, kosmetik, obat bius, industri farmasi dan sebagainya. Jadi tembakau sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh, “ ungkapnya.

Disamping memberikan manfaat ekonomi bagi enam juta penduduk Indonesia yang tergantung pada tembakau dan industri terkait. Tembakau juga memberikan cukai yang tinggi bagi negara . Untuk tahun 2012 saja, memberikan pendapatan hingga 70 Triliun, “ jelas Subiyakto.

Sementara itu Kepala UPT PSMB LT Jember Disperindag Provinsi Jatim Ir Desak Nyoman Siksiwati, MMA mengungkapkan, bahwa Seminar yang digelar ini untuk memberikan informasi bahwa tembakau jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja, masih banyak sisi positif lain dari tanaman tembakau yang masih bisa dimanfaatkan serta dikembangkan, “ katanya.

Tembakau tidak hanya untuk rokok saja, melainkan digunakan untuk sejumlah barang yang bermanfaat bagi manusia. Hal ini untuk menyadari petani dan masyaarakat Jember bahwa masih banyak peluang agar tembakau tetap maju. Kedepan ekspor tembakau bisa ditingkatkan, “ pungkasnya menutup materi.

Digelarnya acara ini menurut Nyoman setelah beberapa waktu lalu sukses menyelenggarakan pameran tembakau internasioanal di Jember yang disusul dengan pembangunan museum dan perpustakaan tembakau di area kantor UPT PSMB LT jalan Kalimantan.

Hadir dalam acara Seminar tersebut para pelaku tembakau Jember dan sekitar mulai petani, asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), akademisi yang mendukung masalah pertembakauan.  Hadir pula nara sumber Dr Toto Sudargo (UGM), Prof Subiyakto dari Balittas (Badan Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat) Malang, Prof Bambang Hermiyanto (Unej), serta Candra Fajriu Ananda (Unibraw).

Perlu diketahui bahwa Kabupaten Jember merupakan kota penghasil tembakau terbesar di Indonesia, bahkan Jember juga berencana menjadi pusat Tembakau dunia. Karena terkenal sebagai kota yang terkenal dengan daun emasnya maka Pemerintah Kabupaten Jember saat itu memakai daun tembakau sebagai logo Pemerintah Kabupaten Jember.

Luasnya lahan persawahan yang ditanami tembakau hampir merata di seluruh kecamatan. Hal ini merupakan potensi besar yang harus dikembangkan agar petani tembakau menikmati manfaat komoditi yang sudah di ekspor ke manca negara. Potensi inilah yang ditangkap pihak UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau (PSMB LT) Jember. (midd/edw)

Berita Terkait Kesehatan ,Pertanian

2 comments:

Anonymous said...

Daun tembakau jika dilihat dari asapnya doang, apa ada positifnya kah??, karena uraian informasi diatas cuma menitik beratkan pada manfaat tembakau saja, sedangkan untuk asap yg manusia hirup.
Apa mungkin tembakau mau dialih fungsikan menjadi produk lain setenar rokok yg melegenda yg bahannya sama sama dari tembakau punya.. :)

Anonymous said...

Itu manfaat TEMBAKAU, bukan manfaat rokok ya....
Jangan dijadikan dalih bahwa rokok bermanfaat bagi kesehatan x_x